Sumbar Dinobatkan jadi Juara Umum Anugerah Adinata Syariah 2024, Ini Harapan Wapres Ma'ruf Amin

Kamis, 23 Mei 2024, 14:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Sumbar Dinobatkan jadi Juara Umum Anugerah Adinata Syariah 2024, Ini Harapan Wapres...
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menyerahkan trofi juara umum Anugerah Adinata Syariah 2024 pada Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Menara Syariah PIK 2, Tangerang-Banten, Senin.(humas)

"Ajang ini penting digelar untuk mengapresiasi semua pihak, terutama sekali Pemerintah Daerah. Sejauh ini, dari seluruh provinsi di Indonesia, tinggal 8 provinsi lagi yang belum memiliki Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS)," ungkapnya.

"Semoga, ke depan, seluruh provinsi memiliki KDEKS, sehingga potensi besar ekonomi dan keuangan syariah dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat," ujar Wapres Ma'ruf.

Dikesempatan itu, Wapres juga berharap agar Pemda dapat memanfaatkan status Otonomi Daerah (Otda) secara maksimal sebagai peluang untuk merancang dan mengimplementasikan praktik ekonomin dan keuangan syariah, dalam perencanaan pembangunan jangkan panjang dan menengah di daerah.

Baca juga: Penanganan Pascbencana Beruntun di Sumbar, Gubernur: Pembenahan Irigasi jadi Prioritas

Sementara, Mahyeldi usai menerima penghargaan mengucap syukur, atas penghargaan ini. Dari 10 kategori penghargaan, Sumbar berhasil meraih peringkat pada 7 kategori.

"Dari 7 kategori itu, 3 di antaranya Sumbar berhasil meraih Juara 1 sehingga berhak atas predikat Juara Umum tahun 2024 ini," ucap Mahyeldi usia menerima penghargaan tersebut.

Sumbar Raih 7 Anugerah Adinata Syariah 2024

  • Juara 1 Program Inovasi sektor Ekonomi Syariah
  • Juara 1 Industri Halal
  • Juara 1 Kelembagaan Daerah yang fokus pada pengembangan Ekonomi Syariah Tingkat Provinsi
  • Juara 2 Sektor Ekonomi Hijau dan Berkelanjutan
  • Juara 2 Zona Kuliher Halal Aman dan Sehat (HAS)
  • Juara 3 Keuangan Mikro Syariah
  • Juara 4 Program Inkubasi Usaha Syariah.

Dikatakan, deretan capaian ini adalah hasil dari komitmen semua pihak. Pemprov Sumbar, terangnya, akan terus melakukan pembinaan terhadap lembaga keuangan syariah hingga tingkat kelurahan/nagari/desa, membina UMKM untuk memiliki sertifikat halal.

Kemudian, memfaslitasi pelaksanaan berbagai iven dan ferstival produk halal, serta pemanfaatan potensi perantau dan diaspora Minang yang tersebar di seluruh belahan dunia. (adv)

Halaman:
1 2
IKLAN PANTARLIH

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: