Masa Tanggap Darurat Segera Berakhir, Gubernur Sumbar Tugaskan Wagub Lakukan Pendataan, Ini Targetnya

Senin, 20 Mei 2024, 17:16 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Masa Tanggap Darurat Segera Berakhir, Gubernur Sumbar Tugaskan Wagub Lakukan Pendataan,...
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy meninjau dapur umum yang disediakan pemerintah di posko pengungsian korban bencana di Kantor Wali Nagari Rambatan, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Ahad. (humas)

"Sesuai arahan Gubernur, maksud kedatangan kami tidak hanya untuk meninjau. Tapi juga ingin mendata dan menghimpun masukan dari pengungsi," ungkap Audy.

Ditegaskannya, dalam masa tanggap darurat ini, Pemprov Sumbar akan fokus pada upaya pemulihan. Seperti penyambungan kembali jalan dan jembatan yang putus meskipun masih bersifat sementara serta pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terdampak.

"Pemulihan itu akan kita upayakan sesegera mungkin, termasuk mencari sumber pembiayaannya," tegas dia.

Baca juga: ORDA Sumbar Gelar SES di Pantai Ujung Batu, Sepakati Gelar Bakti Sosial di Daerah Terdampak Bencana

Kendati demikian, pihaknya juga akan terus mendorong Bupati/Walikota daerah terdampak untuk segera merampungkan pendataan kerugian yang dialami masing-masing daerah, agar langkah-langkah penanganannya bisa segera disusun.

"Sejumlah kementerian sudah menyampaikan dukungannya. Kita perlu segera menindaklanjuti dengan menyajikan data lengkap, agar bantuannya bisa segera turun," ungkap Audy.

Sementara, Wali Nagari Rambatan, Robi Yasdi membenarkan apa yang disampaikan Wagub. Menurutnya, saat ini stok makanan untuk pengungsi di tempatnya cukup. Bahkan diperkirakan masih aman untuk beberapa hari kedepan.

"Untuk kebutuhan lainnya selain makanan, itu kami yang kurang," ungkap Robi.

Mengingat bantuan yang masuk tidak hanya melalui pemerintah, tapi juga ada yang disalurkan langsung oleh donatur kepada masyarakat.

Maka sangat tepat, jika pemerintah menyesuaikan distribusi bantuan dengan kebutuhan masyarakatnya.

"Pendataan kebutuhan pengungsi yang dilakukan Wagub saat ini, sangat tepat. Sebab, untuk setiap posko pengungsian kebutuhannya akan berbeda," pungkas Robi.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: