Pascabanjir Lahar Dingin, Normalisasi Sungai jadi Prioritas

Selasa, 09 April 2024, 12:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pascabanjir Lahar Dingin, Normalisasi Sungai jadi Prioritas
Sekda Agam, Edi Busti bersama Andri Warman (bupati Agam) dan Deputi Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Mayjen TNI Fajar Setiawan meninjau lokasi banjir lahar dingin, Senin. (humas)

AGAM (9/4/2024) - Sekdakab Agam, Edi Busti mengungkapkan, penanganan lanjutan dampak bencana banjir lahar Gunung Marapi yang terjadi Jumat lalu, dilanjutkan dengan normalisasi sungai yang jadi aliran lahar.

Kemudian pembangunan jembatan dengan konstruksi mitigasi bencana, yang harus segera dilakukan dan tidak bisa ditunda.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas PUTR, apabila pembangunannya tidak memungkinkan dengan APBD, segera dibuat proposal untuk diajukan ke pemerintah pusat," ungkap Edi Busti yang juga ex officio Kepala BPBD Agam, Senin.

Pihaknya berupaya pembangunannya bisa dilaksanakan segera mungkin, karena ini harus dilaksanakan dengan cepat supaya warga tidak khawatir lagi apabila hujan melanda.

Baca juga: LSF Sosialisasikan Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri di Agam

"Kondisinya kini di bawah jembatan ada tiang penyangga, ketika debit air meningkat, maka meluap ke permukiman warga seperti banjir lahar dingin yang terjadi Jumat lalu," sebutnya.

Menurutnya, apabila tiang penyangga tidak ada, dampak banjir lahar dingin tidak akan separah kondisi yang terjadi saat ini.

Selain itu, kata Edi Busti, harus ada rapat khusus dengan pemerintah kecamatan dan nagari, untuk membahas tempat pembuangan sendimen yang dibawa banjir. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: