Pinggir Jalan Nasional di Batang Aia Katiak Dijadikan Lokasi Pembuangan Sampah, Camat IV Angkek Tugaskan Staf Ronda

Kamis, 04 April 2024, 17:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pinggir  Jalan Nasional di Batang Aia Katiak Dijadikan Lokasi Pembuangan Sampah, Camat IV...
Ruas jalan nasional di Batang Aia Katik, Kecamatan IV Angkek saat telah bersih dari sampah. (humas)

AGAM (4/4/2024) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Agam lakukan pembersihan sampah di sepanjang jalan nasional Batang Aia Katiak, Ahad (31/3/2024) lalu.

Namun, upaya tersebut tampaknya belum membuahkan hasil optimal, dengan masih adanya oknum yang membuang sampah di lokasi tersebut.

"Kita terpaksa menggelar ronda agar tak ada lagi warga yang membuang sampah jalan nasional Batang Aia Katiak sejak Senin (1/4/2024)," ungkap Camat Ampek Angkek, Rahmat Fajri melalui pesan whatsapp, Kamis.

Ia mengungkapkan, meskipun telah dilakukan upaya pengawasan dan pembinaan, masih terdapat masyarakat yang nekat membuang sampah di tempat tersebut. Beberapa bahkan tertangkap basah saat melakukannya.

Baca juga: Pasukan Piliang Penuhi GOR Lubuk Basung untuk Berhalal Bilhalal, Ini Harapan Sekda Agam

Sebagai bentuk dukungan, Rahmat Fajri menjelaskan, penanganan sampah untuk sementara waktu dilaksanakan dengan piket oleh pegawai kantor camat setiap waktu, sesuai jadwal yang telah disusun.

Informasi mengenai larangan pembuangan sampah, juga telah dipasang melalui spanduk, yang ditandatangani para wali nagari di sekitar Kecamatan IV Angkek.

Dia secara tegas mengimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, dengan ancaman sanksi berupa satu bulan kurungan penjara atau denda sebesar Rp1 juta, sesuai Peraturan Daerah Agam No 10 Tahun 2017.

"Meskipun telah dilakukan jadwal piket secara estafet, kita masih terdapat kecolongan, dengan beberapa warga yang tetap melakukan pembuangan sampah pada subuh hari," ungkap Rahmat Fajri.

Baca juga: Komisi I DPRD Sumbar Temui Bupati Agam, Perdalam Informasi Pembentukan DOB Agam Tuo

Sementara, Kadis Lingkungan Hidup, Afniwirman menyatakan, DLH telah menunjuk armada khusus untuk melakukan penyisiran di lokasi-lokasi yang rentan terhadap pembuangan sampah liar.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: