BANJIR PESSEL: Pemkab Siapkan Lahan Relokasi untuk Rumah Rusak Berat

Minggu, 31 Maret 2024, 12:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
BANJIR PESSEL: Pemkab Siapkan Lahan Relokasi untuk Rumah Rusak Berat
Salah satu rumah rusak berat di Kampung Langgai, Nagari Gantiang Mudiak Utara, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. FOTO: Dok Heru/PKH

PESISIR SELATAN (31/3/2024) - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, akan menyiapkan lahan relokasi bagi korban banjir dan longsor, yang rumahnya rusak berat.

Sekda Pessel, Mawardi Roska, mengatakan, saat ini Pemkab sedang menegosiasikan lahan untuk relokasi dengan pemilik lahan.

"Tujuannya, agar masyarakat terdampak (rumah rusak berat) bisa secepatnya dilakukan relokasi. Sebab, mereka tidak memungkinkan lagi tinggal di lokasi semula, yang sangat rawan terhadap bencana," ucapnya, dalam relis Diskominfo, Minggu (31/3/2024).

Dan, di tempat relokasi, mereka akan dibuatkan rumah petak.

Baca juga: BANJIR PESSEL, Sekda Pessel: Data Rumah Rusak Sudah Direkap dan Segera Diverifikasi

"Yang penting, lokasi baru nanti (relokasi) dicari yang aman dari bencana," ujar Mawardi Roska.

Salah satu lokasi yang mendesak dilakukan relokasi adalah korban rumah rusak berat di Kecamatan Sutera, yakni: di Kampung Langgai dan Batu Bala.

Saat ini, terang Mawardi Roska, sudah ada dua tempat atau lahan yang menjadi usulan relokasi, bakal dibangun rumah petak.

"Pertama di Batu Bala, dengan luas 1,2 Hektar. Ke-dua, di Langgai seluas 1,2 Hektar. Kini, sedang dilakukan verifikasi, dan melobi pemilik lahan untuk bersedia dijadikan tempat relokasi," ujarnya.

Baca juga: BANJIR PESSEL: Kementerian PUPR Jamin Pemulihan Sapras, Jalan dan Air Bersih

Kalau lokasi sudah selesai dan tuntas, pembangunan akan segera dilakukan oleh pihak Kementerian PUPR.

Halaman:

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: