Sandiaga Uno Buka Sumarak Ramadhan, Mahyeldi: Pemprov Komit Perkuat Industri Pariwisata Halal

Minggu, 24 Maret 2024, 10:47 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Sandiaga Uno Buka Sumarak Ramadhan, Mahyeldi: Pemprov Komit Perkuat Industri Pariwisata...
Menparekraf, Sandiaga Uno didampingi Mahyeldi (gubernur Sumbar) meninjau stand UMKM usai membuka Iven Sumarak Ramadhan 1445 Hijriah yang digelar Pemprov Sumbar di Kompleks Masjid Raya Sumbar, Sabtu. (humas)

PADANG (23/3/2024) -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, Ramadhan adalah bulan rahmat, penuh magfirah, kemuliaan dan ampunan.

Ramadhan juga merupakan bukan pernih berkah, termasuk bagi UMKM yang sangat menggeliat aktivitasnya selama bulan suci Ramadhan.

"Terkait posisi wisata halal Indonesia, pada tahun 2023 yang lalu Indonesia berhasil menduduki peringkat satu destinasi wisata halal terbaik dunia versi global Indonesia Muslim Travel Indeks (IMTI), di mana salah satu destinasi yang menjadi daya tariknya adalah Masjid Raya Sumbar," ucap Sandi di Padang.

Hal itu disampaikan Sandiaga saat membuka Iven Sumarak Ramadan 1445 Hijriah yang digelar Pemprov Sumbar di Kompleks Masjid Raya Sumbar, Sabtu.

Baca juga: Gedung Halal Tourism Hub Buya Hamka 50 Persen Rampung, Pengelolaan melalui Skema Wakaf

Selain itu, Sandi juga menyatakan bahwa Sumbar juga memiliki daya tarik di sekror pariwisata kuliner, di mana 63 persen wisatawan yang berkunjung ke Sumbar menyampaikan bahwa, kuliner jadi daya tarik utama untuk datang berkunjung.

"Segenap potensi yang dimiliki itu harus kita maksimalkan. Termasuk melalui penyelenggaraan berbagai iven seperti Iven Sumarak Ramadhan yang digelar hari ini," ucapnya.

13,5 Juta Kunjungan

Sementara, Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyebutkan, Sumarak Ramadhan adalah wujud komitmen pengembangan potensi pariwisata halal di Ranah Minang.

Baca juga: Desa Wisata Lawang Raih Juara 1 ADWI 2023 Kategori Homestay dan Toilet Umum

Dia menyebutkan, penyelenggaraan iven Sumarak Ramadhan tidak sekadar iven biasa, tetapi juga merupakan bagian integral dari program Visit Beautiful West Sumatra 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: