DPRD Kabupaten Bogor Gali Strategi Peningkatan PAD ke DPRD Sumbar

Sabtu, 23 Maret 2024, 11:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Kabupaten Bogor Gali Strategi Peningkatan PAD ke DPRD Sumbar
Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis didampingi pimpinan rombongan Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Bogor, di Ruang Khusus 1 DPRD Sumbar, Jumat. Pertemuan membahas soal peningkatan PAD. (humas)

PADANG (22/3/2024) - Sekretaris DPRD Sumatera Barat, Raflis menegaskan, kolaborasi antardaerah dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) berperan besar dalam optimalisasi pengelolaan pajak.

"Kami sangat terbuka untuk berbagi pengalaman dalam hal pengelolaan pajak daerah. Semoga pertemuan ini dapat menjadi langkah awal menuju kerja sama yang berkelanjutan antara Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Bogor," ujar Raflis.

Hal itu disampaikan Raflis, saat menyambut Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Bogor, di Ruang Khusus 1 DPRD Sumbar, Jumat.

Dikatakan Raflis, DPRD Sumbar telah melahirkan Perda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah merujuk ketentuan dalam UU No 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD).

Baca juga: PT Semen Padang Serahkan CSR Sarana Prasarana Disabilitas untuk Mall Pelayanan Publik Bukittinggi

Kemudian, Peraturan Pemerintah (PP) No 35 Tahun 2023 tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Dalam beleid ini, terang Raflis, terdapat beberapa perubahan dalam perpajakan daerah. Seperti, perubahan tarif beberapa jenis pajak, perubahan objek pajak serta penambahan sanksi administratif.

"Diberlakukannya dasar hukum yang baru ini, diharapkan dapat menyederhanakan sistem perpajakan, yang meliputi penyederhanaan jenis pajak, tarif pajak dan cara pembayaran pajak," ungkap Raflis.

Dengan aturan baru ini, terang dia, akan membuat beban pajak akan semakin adil dan wajar serta mendorong wajib pajak melaksanakan dengan sadar kewajiban membayar pajak.

Baca juga: Urus Adminduk di Padang Cukup di Kelurahan

"Kita terbuka untuk berbagi pengalaman dalam hal pengelolaan pajak daerah. Semoga pertemuan ini dapat menjadi langkah awal menuju kerja sama yang berkelanjutan antara Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Bogor," ujar Raflis.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: