Ruas Jalan Nasional yang Terban di Pesisir Selatan Bisa Dilalui Kembali

Minggu, 10 Maret 2024, 14:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Ruas Jalan Nasional yang Terban di Pesisir Selatan Bisa Dilalui Kembali
Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan tim dari Balai Jalan dan Balai Sungai, meninjau jalan nasional yang terban di Barung Barung Belantai, Sabtu. (humas)

PESSEL (10/3/2024) - Seluruh ruas jalan nasional yang terban akibat tergerus arus sungai di Kabupaten Pesisir Selatan, telah bisa dilalui kendaraan.

Teranyar, jalan yang berhasil diperbaiki berada di Nagari Barung-Barung Balantai, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Awalnya, saat dikunjungi Gubernur Sumbar, Mahyeldi pada Sabtu (9/3/2024), badan jalan hanya tersisa 25 persen setelah dihantam derasnya aliran sungai. Sehingga, sulit dan berbahaya untuk dilintasi kendaraan.

Kondisi tersebut mendapat perhatian khusus gubernur dan Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar untuk segera mendapatkan solusi.

Baca juga: Sumbar Punya 8 Gelanggang Pacuan Kuda, Mahyeldi: Potensi jadi Sport Tourism

Mengingat, sebagian besar jalur-jalur yang terdampak berstatus jalan nasional dan sangat diperlukan untuk pendistribusian bantuan kepada masyarakat.

"Alhamdulillah, kami telah menerima laporan dari masyarakat bahwa jalan yang terban di dekat Pasar Barung-Barung Balantai sejak pukul 23.00 WIB tadi malam sudah bisa dilalui kembali dengan aman dan lancar," ungkap Mahyeldi di Padang, Ahad.

Dengan demikian, Mahyeldi mengatakan, pascabanjir dan tanah lonsor yang sempat membuat akses masyarakat dari dan menuju Kabupaten Pesisir Selatan terputus, saat ini seluruhnya sudah bisa kembali dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

"Sebelumnya, akses dari dan menuju Pesisir Selatan terputus. Ada jembatan terban di Nagari Palangai, Kecamatan Ranah Pesisir, ada badan jalan yang terban di Nagari Duku dan di Nagari Barung-Barung Balantai, Kecamatan Koto XI Tarusan," ungkapnya.

Baca juga: RELAWAN SATRIA INSPIRES: Dipercaya Perantau, Di Apresiasi Pemkab Pessel

"Alhamdulillah, BPJN telah berhasil membuka semuanya, sehingga saat ini sudah bisa dilalui kembali dengan lancar," jelas Mahyeldi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: