Wujudkan Visi Bukittinggi Hebat, Ini Teroboson dan Apresiasi yang Diterima Erman Safar

Selasa, 05 Maret 2024, 06:19 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Wujudkan Visi Bukittinggi Hebat, Ini Teroboson dan Apresiasi yang Diterima Erman Safar
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

BUKITTINGGI (6/3/2024) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar telah banyak lahirkan program dan terobosan yang difokuskan untuk kesejahteraan dan juga keselamatan penduduk.

Program itu mendapat apresiasi sejumlah lembaga, dalam bentuk penghargaan dan juga piala. Sementara, beragam terobosan dihadirkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program yang digagas itu di antaranya, bersama DPRD Bukittinggi menganggarkan dana untuk pembayaran iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Infografis
Infografis

Penerima manfaatnya, pekerja yang memiliki penghasilan di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP) Tahun 2023 dan atau terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Program ini diperuntukkan bagi 2.918 warga.

Baca juga: Tabungan Utsman 2024 Diluncurkan, Target 2200 Nasabah Tapi Ada Margin Ringannya

Jenis dan iuran program jaminan sosial yang diberikan bagi setiap pekerja bukan penerima upah dan merupakan pekerja rentan di antaranya:

a. Jaminan Kematian (JKM) dengan iuran Rp6.800,- per orang per bulan

Infografis.
Infografis.

b. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Rp10.000,- per orang per bulan

Jaminan kematian yang dapat diterima peserta JKM karena Sakit, sebesar Rp42 juta. Sedangkan pekerja yang meninggal karena kecelakaan kerja diberi jaminan 48x upah yang dilaporkan ke BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: Bukittinggi Siagakan Ambulance untuk Evakuasi Korban Bencana di Agam dan Tanah Datar

Anak dari peserta JKM yang masih ada di bangku pendidikan, akan mendapatkan beasiswa hingga Rp174 juta untuk 2 orang anak.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: