BI Targetkan Penggunaan QRIS di Sumbar Tembus 12 Juta Tahun 2024

Sabtu, 24 Februari 2024, 21:46 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
BI Targetkan Penggunaan QRIS di Sumbar Tembus 12 Juta Tahun 2024
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat, Endang Kurnia Saputra bersama pemenang lomba apresiasi GEMA QRIS di Padang, Kamis (22/2/2024). (veri rikiyanto)

PADANG (22/2/2024) - Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat targetkan penggunaan sistem pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Sumatera Barat menembus angka 12 juta di tahun 2024.

"Tahun 2023 kemarin, ada 8,3 juta orang pengguna QRIS. Angka ini meningkat 154 persen dari tahun sebelumnya," ungkap Kepala Perwakilan BI Sumatera Barat, Endang Kurnia Putra di Padang, Kamis.

Dijelaskan, peningkatan penggunaan QRIS di Sumbar ini merupakan hasil kerja keras Bank-Bank umum dalam penyelenggaraan jasa pembayaran non tunai.

Upaya itu dilaksanakan 26 Bank Umum dan 2 non Bank sehingga bisa mencapai volume penggunaan QRIS menembus angka 8,3 juta lebih.

Baca juga: Bank Nagari Gelar Bazar Paket Pangan Murah, Pembayaran Pakai QRIS

"Tahun 2024 ini, targetnya kita tambah dari 8,3 juta harus mencapai minimum sebanyak 12 juta pengguna," tegasnya.

Endang mengungkapkan, masyarakat pengguna QRIS terbanyak yakni ada di dua kota di Sumbar, yakni Kota Padang dan Bukittinggi. Pada kedua kota itu, terdapat sekitar 7 ribu pengguna.

Kemudian penyumbang QRIS di Sumbar juga bersumber dari pendatang atau wisatawan yang ke Sumatera Barat.

"Jadi, itu menandakan bahwa tingkat kesadaran masyarakat menggunakan QRIS sudah meningkat," kata dia.

Baca juga: BI Sumbar Perkenalkan QRIS Tuntas untuk Berbagi THR, Ini Caranya

Dengan target 12 juta pengguna QRIS di Sumbar, tantangan terbesar Bank Indonesia itu terhadap kasir-kasir yang tidak mau ribet dan inginnya pembayaran secara tunai.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: