23 Puskesmas di Agam Telah Terakreditasi

Kamis, 15 Februari 2024, 23:45 WIB | News | Kab. Agam
23 Puskesmas di Agam Telah Terakreditasi
Puskesmas Biaro, salah satu layanan publik sektor kesehatan yang telah terakreditasi. (humas)

AGAM (15/2/2024) -- Sebanyak 23 Puskesmas di Agam telah terakreditasi. Sedangkan jumlah Pustu alami peningkatan dari 142 di tahun 2023 kini jadi 144 Pustu.

"Penambahan 2 Pustu ini pada Pustu Tompek, Nagari Salareh Aia Utara, Kecamatan Palembayan dan Pustu Aia Tabik Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek," sebut Sekretaris Dinas Kesehatan Agam, Muhammad Iswon di ruang kerjanya, Kamis.

Pembenahan di Puskesmas dan Pustu ini, merupakan upaya Dinas Kesehatan untuk memperluas jangkauan dengan menyediakan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Puskesmas Pembantu (Pustu).

Menurut Iswon, peningkatan jumlah fasilitas kesehatan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang merata dan berkualitas kepada seluruh masyarakat Agam.

Baca juga: LSF Sosialisasikan Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri di Agam

"Dengan adanya 23 Puskesmas dan 144 Pustu yang tersebar di seluruh Kabupaten Agam, kami berharap dapat memberikan layanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau oleh masyarakat, terutama yang berada di daerah-daerah terpencil," ungkap Iswon.

Iswon menyebutkan, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin guna mencegah penyakit lebih dini.

"Dengan meningkatnya jumlah fasilitas kesehatan ini, kami berharap masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan memanfaatkan layanan kesehatan yang tersedia secara maksimal," tambah Iswon.

Langkah itu, sambungnya, maka diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Kabupaten Agam, serta mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target universal healthcare bagi seluruh lapisan masyarakat. (*)

Baca juga: O2SN Kecamatan Tanjung Mutiara Lombakan 5 Cabang Olah Raga

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: