Peringatan Bulan K3, Upaya Membangun Ekosistem Ketenagakerjaan yang Unggul

Selasa, 06 Februari 2024, 17:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Peringatan Bulan K3, Upaya Membangun Ekosistem Ketenagakerjaan yang Unggul
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Hamsuardi (Bupati Pasbar) menyerahkan sertifikat K3 pada General Manager PT BPP, Agry Adhyta Putra usai peringatan Bulan K3 di Pasbar, Senin. (robbi irwan)

Dia menyampaikan, berdasarkan Laporan Tahunan BPJS Ketenagakerjaan tiga tahun terakhir, data jumlah kecelakaan kerja (termasuk di antaranya penyakit akibat kerja/PAK) diketahui terus meningkat.

Pada tahun 2021 angka kecelakaan kerja berjumlah 234.371 kasus. Kemudian pada tahun 2022 angka kecelakaan kerja 298.137 kasus, sedangkan yang terbaru pada tahun 2023 (s.d Bulan Oktober) jumlah kecelakaan kerja tercatat sebesar 315.579 kasus.

Berdasarkan data tersebut, menjadi indikasi bahwa pelaksanaan K3 harus menjadi perhatian dan menjadi prioritas bagi dunia kerja di Indonesia.

Baca juga: Walau Mobil Dinas Nyaris Terseret Longsor di Sitinjau Lauik, Mahyeldi Tetap Turuni Jurang Ikut Evakuasi Korban

"Saya mengajak semua pemangku kepentingan melakukan koordinasi sinergi dan kolaborasi dalam upaya peningkatan kemandirian berbudaya K3 dengan terus menggelorakan K3 disetiap kesempatan."

"Berperan aktif dalam peningkatan pemasyarakatan K3, sehingga tujuan K3 dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman sehat menuju kecelakaan nihil dapat segera terwujud," tambahnya.

Diakhir sambutannya, Hamsuardi mengucapkan terima kasih pada panitia pelaksana upacara Peringatan Bulan K3 yakni PT BPP.

Sejak tahun 2023, lanjutnya, Pasbar telah melaksanakan program berobat gratis bagi masyarakat. Ia memohon dukungan agar program itu berjalan sukses bersama BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan bagi keselamatan pekerja.

Sementara, Kadis Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sumatera Barat, Nizam Ul Muluk mengucapkan terima kasih kepada Pemda Pasbar yang telah memberikan perhatian besar dalam menciptakan iklim ketenagakerjaan yang berjalan kondusif.

"K3 ini sudah sangat wajib, bagaimana menerapkan K3 agar tidak terjadi kecelakaan kerja atau zero accident pada suatu perusahaan serta meningkatkan poduktifitas kerja dan kesejahteraan perusahaan," terangnya.

Sementara itu, General Manager PT BPP, Agry Adhyta Putra menjelaskan, perusahaan itu menaungi kurang lebih 1.500 karyawan.

Halaman:

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: