Kota Tambang Terkaya di Sumbar, Berjaya pada Masa Lalu, Begini Kondisinya Sekarang

Selasa, 30 Januari 2024, 15:29 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Kota Tambang Terkaya di Sumbar, Berjaya pada Masa Lalu, Begini Kondisinya Sekarang
Ilustrasi Kota Sawahlunto.

Diantaranya adalah sisa bangunan dari PT Bukit Asam dan masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Dikarenakan cadangan batubara yang sudah menipis, pemerintah setempat mengubah wajah kota ini menjadi kota wisata tambang.

Berbagai hal kreatif dan inovatif telah dilakukan oleh pemerintah setempat, yaitu memanfaatkan potensi-potensi wisata alam yang ada di daerahnya salah.

Baca juga: PT Bukit Asam Serahkan TJSL untuk Dukung Kegiatan Yayasan Auladi

Salah satu yang cukup dikenal adalah puncak Cemara. Wisata Puncak Cemara merupakan tempat yang paling cocok digunakan untuk melihat keseluruhan keindahan Kota Sawahlunto dari ketinggian

Objjek wisata Puncak Cemara hanya berjarak sekitar 6 km dari pusat Kota Sawahlunto menuju daerah Talawi dan di sepanjang jalan telah disediakan petunjuk-petunjuk arah untuk menuju ke tempat wisata ini.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir bila sesat di jalan dan juga telah tersedia karena akses jalan menuju lokasi wisata ini yang sangat memadai .

Setelah sampai di Puncak Cemara tepat di depan area parkiran kendaraan, terlihat view Puncak Cemara alias tempat yang paling nyaman dan paling enak untuk menyaksikan keseluruhan keindahan dari kota Sawahlunto.

Dari sini Anda bisa menyaksikan keseluruhan Kota Sawahlunto perpaduan antara bukit-bukit yang menjulang tinggi yang memagari kota ingini.

Bangunan-bangunan sisa kejayaan tambang batubara masa lalu menjadikannya sebuah pemandangan sangat ciami.

Bagi Anda yang hobi fotografi, view ini sangat cocok dijadikan tempat untuk mengabadikan momen-momen indah dari kota ini.

Halaman:

Penulis: Rumpun4
Editor: Rumpun1
Sumber: YouTube Jejak Ilmi

Bagikan: