Penilaian EPPD Tahun 2023, Agam Terbaik 3 Tingkat Provinsi, Naik 11 Peringkat secara Nasional

Minggu, 21 Januari 2024, 11:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Penilaian EPPD Tahun 2023, Agam Terbaik 3 Tingkat Provinsi, Naik 11 Peringkat secara...
Kepala Bagian Tata Pemerintahan Agam, Fauzi.

AGAM (20/1/2024) - Kepala Bagian Tata Pemerintahan Agam, Fauzi mengungkapkan, berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2023, Agam meraih skor 3,49.

Artinya, Pemkab Agam bertengger di posisi ketiga penilaian kinerja pemerintah daerah terbaik tingkat Sumatera Barat, berada di bawah Pasaman dan Dharmasraya diurutan pertama dan kedua.

"Raihan skor ini terbilang tinggi, sekaligus perbaikan skor dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 2,92," ungkap Fauzi di Lubukbasung, Sabtu.

Hasil penilian ini, terang dia, tercantum dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri No 100.2.7-6646 Tahun 2023 tentang Hasil EPPD.

Baca juga: Satgas Penanggulangan Bencana Bersihkan Masjid Jami' Sungai Pua

Sementara, secara nasional, Agam berada di posisi ke-21, Hal ini naik 11 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya yang bertengger di posisi 32 nasional.

"Pencapaian skor tahun ini menjadi raihan terbaik Pemkab Agam sejak pelaksanaan EPPD 2011 lalu, baik secara skoring maupun peringkat," ungkapnya.

Ditambahkan Fauzi, hasil EPPD ini merupakan alat ukur utama pemerintah pusat dalam menilai serta mengevaluasi kinerja pemerintah daerah setiap tahun terhadap 126 indikator yang ditetapkan oleh lintas kementerian dalam menyelenggarakan fungsi pemerintahan.

"Hasil ini dijadikan referensi dasar dalam perencanaan pemerintahan tahun kedepannya, mana yang dipelihara dan indikator mana yang harus menjadi perhatian serius untuk ditingkatkan tahun kedepannya," ujarnya. (*)

Baca juga: Setelah 6 Hari, Pencarian Korban Longsor di Sungai Pua Libatkan 2 Anjing Pelacak

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: