Peringatan Hari Samudera, Mahyeldi Imbau Generasi Muda Mencintai Laut dan Bisa Berenang

Selasa, 16 Januari 2024, 18:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Peringatan Hari Samudera, Mahyeldi Imbau Generasi Muda Mencintai Laut dan Bisa Berenang
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Danlantamal II Padang, Laksma Syufenri lakukan tabur bunga di perairan Teluk Bayur, Padang, dalam rangka peringatan Hari Samudera, Senin. (humas)

PADANG (15/1/2024) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengingatkan generasi muda saat ini, untuk tidak mudah lengah. Selain itu, juga harus terus meningkatkan kapasitas, agar kedaulatan NKRI dapat terus dijaga.

"Oleh karena itu, sejak di bangku pendidikan saya selalu mengimbau, anak-anak kita harus senantiasa dekat dengan laut, harus mencintai laut dan harus bisa berenang," ungkap Mahyeldi di Padang, Senin.

Hal itu ditegaskan Mahyeldi, usai jadi Inspektur Upacara Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera ke-62, yang digelar Lantamal II Padang di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Cakalang di kawasan perairan Teluk Bayur, Kota Padang.

Menurut Mahyeldi, kehidupan di daratan, sangat bergantung pada hasil laut. Selain itu, sebagai negara maritim, Indonesia juga memiliki lautan yang luas dan garis pantai yang panjang, yang harus senantiasa dijaga dan dipertahankan.

Baca juga: GOR H Agus Salim Resmi jadi Home Base SPFC di Liga I Indonesia, Gubernur Serahkan SK Pinjam Pakai

"Saya telah komunikasikan dengan Danlantamal II Padang, Laksma Syufenri, agar pendidikan kelautan ini bisa kita lakukan lebih masif lagi," ucap Mahyeldi.

Upacara itu diawali dengan mengenang kembali rentetan perjuangan para pahlawan samudera dalam merebut, menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Mahyeldi berharap, kisah patriotisme para pejuang tersebut dapat diadopsi dan diwarisi oleh generasi penerus bangsa.

"Kita menyadari, begitu besar jasa para pejuang dalam mempertahankan NKRI, sehingga momen ini terasa begitu khidmat dan mengharukan bagi kita," ucap Mahyeldi usai memimpin upacara tabur bunga.

Baca juga: Gubernur Sumbar Inginkan Rumah Siti Nurbaya di Studio Alam TVRI Direvitalisasi, Ini Alasannya

Dikesempatan itu, Mahyeldi juga menyampaikan ucapan terima kasih pada Danlantamal II Padang beserta jajaran, yang telah menggelar pelaksanaan upacara tabur bunga dalam rangka peringatan Hari Samudera.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: