Awali Tahun 2024 di Bidang Pendidikan, Mahyeldi Rotasi 42 Kepala SMA

Selasa, 16 Januari 2024, 09:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Awali Tahun 2024 di Bidang Pendidikan, Mahyeldi Rotasi 42 Kepala SMA
Gubernur Sumbar, Mahyeldi, memimpin pelantik sekaligus pengambilan sumpah jabatan 42 Kepala SMA/SMK di auditorium Istana Gubernur Sumbar, Senin. (humas)

PADANG (15/1/2024) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menegaskan, pada tahun 2023 lalu, Sumbar jadi satu dari enam provinsi terbaik, dalam penilaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Untuk saudara sekalian pahami, salah satu komponen penilaiannya adalah pendidikan disamping juga kesehatan," ucap Mahyeldi di Padang, Senin.

Hal itu ditegaskan Mahyeldi, saat melantik sekaligus mengambilan sumpah jabatan 42 Kepala SMA/SMK di auditorium Istana Gubernur Sumbar, Senin.

Selain itu, Mahyeldi menekankan, seorang kepala sekolah (Kepsek) berperan penting dalam mempersiapkan generasi muda yang akan jadi pemimpin di masa depan.

Baca juga: 2 Bulan Jembatan Pasar Tandikek 'Patah Pinggang,' Ini Saran Gubernur Sumbar ke Warga

Meski demikian, sambung dia, kepala sekolah tetap harus meningkatkan capaian yang telah diraih pada tahun sebelumnya.

Namun, patut dipahami bahwa peningkatan capaian tersebut bukan semata-mata soal pemeringkatan dan prestasi, melainkan sebagai bagian dari pelaksanaan tanggung jawab dalam jabatan.

"Meningkatkan prestasi adalah bentuk tanggung jawab kita kepada bangsa dan negara ini. Sebab, capaian IPM juga bagian dari tolok ukur peningkatan kualitas anak bangsa, yang akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang," terang Mahyeldi.

Terlebih, sambungnya, Indonesia sedang dalam ikhtiar mewujudkan visi Indonesia Emas pada tahun 2045.

Baca juga: Mahyeldi Kumpulkan Rektor dan Kepala Daerah Terdampak Pembangunan Jalan Tol, Ini 4 Butir Kesepakatan yang Dihasilkan

Artinya, para pelaksana dan pengambil kebijakan pada tahun tersebut adalah para pelajar yang hari ini tengah duduk di bangku sekolah.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: