Libur Nataru 2023 di Sumatera Utara, 373.453 Orang Masuk dan 368.796 Orang Keluar

Selasa, 02 Januari 2024, 08:30 WIB | News | Provinsi Sumatra Utara
Libur Nataru 2023 di Sumatera Utara, 373.453 Orang Masuk dan 368.796 Orang Keluar
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin bersama Forkopimda, menggunakan sepeda motor jenis trail juga melakukan monitoring dan patroli ke sejumlah Pos PAM, Ahad malam. (humas)

Selain itu Pemprov Sumut juga berupaya mengantisipasi potensi gangguan akibat cuaca esktrem, seperti bencana alam banjir dan tanah longsor, yang dapat menghambat mudik dan libur tahun baru.

Sebelumnya, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi melaporkan, pergerakan orang dan kendaraan atau moda transportasi yang digunakan selama Operasi Lilin sejak 22 Desember hingga saat ini tercatat 373.453 orang masuk ke Sumut, 368.796 orang yang keluar Sumut.

"Kami mencatat mereka menggunakan moda transportasi darat sebanyak 56%, moda transportasi udara 30% dan moda transportasi laut 14%," kata Irjen Agung.

Baca juga: Halal Bihalal Pujakusuma Sumut, Pj Gubernur: Jaga Kekompakan

Polda Sumatera Utara juga mengindentifikasi terdapat tiga jalur yang rawan yakni Medan-Riau, Medan-Aceh, Medan-Sumatera Barat (Sumbar).

Selain itu ada pos yang sudah disiapkan dalam upaya memonitoring Nataru.

Untuk Medan-Sumbar disiapkan 7 pos dengan jumlah 120 personel. Medan-Parapat sebanyak 24 pos dengan jumlah 285 personel. Medan-Riau sebanyak 20 pos dengan jumlah 1.052 personel.

"Medan ke arah Riau seperti kita tahu bahwa ini adalah daerah padat setiap tahunnya. Selama operasi ini kami mendapatkan kendala yang dihadapi yakni bencana banjir dan tanah longsor, yang terjadi di Madina, Padanglawas, dan Labuhanbatu."

"Alhamdulillah, sudah bisa diatasi dengan menurunkan alat berat dan jalur sudah bisa dilalui," kata dia.

Sementara, situasi gangguan Kamtibmas di Provinsi Sumut, urai Irjen Agung, sejauh ini mengalami penurunan sebesar 15,65%. Karena itu, pihaknya akan terus mempertahankan kondisi tersebut melalui upaya langkah-langkah selanjutnya.

"Terkait perayaan tahun baru, kami juga melaporkan, saat ini kami sedang berada di Pos PAM Terpadu Lapangan Benteng Medan. Di sini ada perhelatan musik, bazar, menyambut pergantian tahun baru yang diselenggarakan Pemko Medan, diperkirakan sebanyak 10.000 massa berkumpul," katanya.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: