RPJMN harus Selaras dengan RPJPD, Leonardy Harmainy Terima Pengaduan Potensi Kekhawatiran Penyamarataan Pembangunan

Selasa, 26 Desember 2023, 10:00 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
RPJMN harus Selaras dengan RPJPD, Leonardy Harmainy Terima Pengaduan Potensi Kekhawatiran...
Ketua BK DPD RI, Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa dialog dengan jajaran Bappeda Sumbar dalam rangka Tugas Pengawasan Pelaksanaan UU No 17 Tahun 2007 tentang RPJPN Tahun 2005-2025 di Padang, Selasa. (istimewa)

PADANG (26/12/2023) - Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat, Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa menegaskan, dari kunjungannya ke nagari-nagari di Sumbar, banyak pengaduan masyarakat yang menyampaikan saluran tersier sudah banyak yang rusak.

"Bahkan, saluran primer di hulu banda sudah ada yang bocor bahkan rusak, sehingga mengganggu aliran air ke sawah petani. Ini perlu perhatian kita bersama," tegas Leonardy dalam pernyataan tertulis yang diterima, Selasa.

Hal itu ditegaskan Leonardy saat berkunjung ke Bappeda Sumbar dalam rangka Tugas Pengawasan Terhadap Pelaksanaan UU No 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025.

Kesempatan berharga itu, Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi dan jajaran, memanfaatkan momentum itu untuk penguatan program RPJPD Sumbar periode 2025-2045.

Baca juga: DPRD Sumbar Sahkan Ranwal RPJPD 2025-2045, Jadi Pedoman Penyusunan Visi Misi di Pilkada 2024

Dimomen itu, Leonardy mengingatkan, agar Sumbar bisa kembali swasembada pangan. "Jangan sampai PDRB dari sektor pertanian turun dari 24 persen," tegasnya.

Sektor Pertanian, menurut Leonardy, biasanya adalah sektor penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat.

"Sekarang sudah berada pada 21 persen atau turun 3 persen. Apakah kita tidak tersentuh dengan hal ini untuk lebih memperhatikan sektor pertanian kita," urai ketua Badan Kehormatan (BK) DPD RI itu.

Selain itu, Leonardy mengingatkan, agar Bappeda Sumbar juga melakukan penguatan di sektor pariwisata, perdagangan, jasa, pendidikan dan kesehatan serta industri di bidang pengolahan.

Baca juga: Pansus RPJPD Sumbar Bahas Hasil Konsultasi dengan Mitra Kerja, Ini Kata Mochklasin

"Hendaknya ada upaya signifikan untuk memacu pendapatan asli daerah dari sektor ini. Aset-aset pemerintah daerah hendaknya juga diperhatikan agar memberikan keuntungan optimal terhadap daerah," terang Leonardy yang juga ketua DPRD Sumbar periode 2004-2009.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: