Ini Pemenang Lomba Baca Puisi dan Surat Terbuka Peringatan Hari Anti Korupsi di Kejari Pasbar

Rabu, 13 Desember 2023, 08:34 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Ini Pemenang Lomba Baca Puisi dan Surat Terbuka Peringatan Hari Anti Korupsi di Kejari...
Bupati Pasbar, Hamsuardi bersama Kajari Pasbar, M Yusuf Putra dan jajaran, pada pembukaan Lomba lomba puisi dan surat terbuka peringatan rangkaian Hari Anti Korupsi Sedunia tahun 2023 tingkat SMP, SMA dan SMK, Selasa. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (13/12/2023) - Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, M Yusuf Putra menegaskan, edukasi pengenalan bahaya korupsi sejak dini pada peserta didik di lingkungan sekolah sangat strategis.

"Edukasi ini untuk menguatkan dan menanamkan budaya anti korupsi sejak dini," ungkap Yusuf Putra di Simpang Empat, Selasa.

Hal itu dikatakan Yusuf Putra saat memberikan sambutan pada lomba puisi dan surat terbuka peringatan rangkaian Hari Anti Korupsi Sedunia tahun 2023 tingkat SMP, SMA dan SMK.

Menurutnya dalam, pemberantasan korupsi tidak hanya penindakan tetapi juga pencegahan. Salah satunya edukasi para pelajar sejak dini dalam mengenalkan bahaya korupsi.

Baca juga: Tersangka Tipikor Penyalahgunaan Dana Nagari Diciduk Saat Berlebaran dengan Keluarga

Pemberantasan korupsi, katanya, tidak hanya tugas dari aparat penegak hukum tetapi juga dibutuhkan kolaborasi bersama dalam menumbuhkan budaya anti korupsi sejak dini ke masyarakat.

"Tidak cukup dengan aspek penegakan hukum saja tetapi juga ada aspek budaya, agama dan sosial berupa edukasi sejak dini," katanya.

Apalagi pelajar merupakan generasi yang akan melanjutkan pembangunan kedepannya. Di tangan merekalah nanti nasib bangsa ini terutama menuju generasi emas 2045.

"Peminat lomba ini cukup tinggi. Tidak kurang 230 puisi dan surat terbuka dibuat oleh para pelajar," katanya.

Baca juga: JPU Kejari Pasbar Limpahkan Tersangka HPS ke Pengadilan Tipikor Padang

Ia berharap, setiap karya yang dikirimkan setiap sekolah bisa mendesiminasikan pesan antikorupsi kepada peserta didik, termasuk di lingkungan sekitar sekolah.

Halaman:

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: