Mahyeldi Klaim Ada 600 Ribu UMKM di Sumbar, Baru 22 Ribu Miliki Sertifikat Halal

Selasa, 12 Desember 2023, 18:30 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Mahyeldi Klaim Ada 600 Ribu UMKM di Sumbar, Baru 22 Ribu Miliki Sertifikat Halal
Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat memberikan sambutan pada Lokakarya Sertifikat Halal Self-Declare dan Seremonial NIB bagi UMKM Binaan Bank Central Asia (BCA) di Padang, Selasa. (humas)

PADANG (12/12/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi meminta pelaku UMKM tidak ragu-ragu menceburkan diri pada industri halal yang makin meluas dipraktikan di berbagai belahan dunia.

"Produk UMKM yang telah tersertefikasi halal, harus terus tumbuh menuju usaha skala besar. Keinginan itu selaras dengan komitmen menjadikan Sumbar sebagai pusat pengembangan industri halal nasional," ungkap Mahyeldi di Padang, Selasa.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat menghadiri Lokakarya Sertifikat Halal Self-Declare dan Seremonial Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi UMKM Binaan Bank Central Asia (BCA) di Padang. Kegiatan ini diampu Kementerian Koperasi dan UKM dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Melalui pelatihan ini, harap Mahyeldi, Pemprov Sumbar berharap UMKM dapat melakukan pendaftaran sertifikasi halal Self-Declare secara mandiri untuk produk-produknya.

Baca juga: NAGARI SAGO SALIDO Gelar Pelatihan Aplikasi Canva ke UMKM

"Patut diingat, halal bukan hanya sebuah kata, melainkan sebuah gaya hidup yang merentangkan jembatan antara agama, keberagaman dan inovasi," kata Mahyeldi.

Mahyeldi menegaskan, Pemprov Sumbar terus berkomitmen untuk menjadikan Sumbar sebagai pusat industri halal di Indonesia.

Sebab, Sumbar memiliki segenap potensi yang dibutuhkan serta mendapat kepercayaan dan dukungan penuh dari pemerintah pusat.

"Kami mengapresisasi BCA yang terus mendukung pengembangan UMKM dan ekonomi halal di Indonesia, khususnya di Sumatera Barat," ungkap Mahyeldi.

Baca juga: 8 Rekomendasi Produk UMKM Paling Banyak Diminati! Cocok Untuk Ide Usaha di Rumah

"Terutama dalam bentuk penyelenggaraan Workshop Sertifikat Halal secara gratis bagi UMKM binaan BCA di Kota Padang ini, serta kepada Kementerian Koperasi dan UKM yang terus memberikan perhatian kepada Sumbar," ucapnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: