Ide Jualan Kuliner Modal Minim Tapi Untung Berlipat Ganda, Buatnya Gampang Banget!

Senin, 11 Desember 2023, 09:07 WIB | Bisnis | Nasional
Ide Jualan Kuliner Modal Minim Tapi Untung Berlipat Ganda, Buatnya Gampang Banget!
Ilustrasi Ide Usaha dengan berbisnis Jualan Kaloci (foto: Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Resepnya dari sodara yang memang asli Kalimantan, meski sempet gagal di awal. Tapi kini alhamdulillah laris manis," ujarnya pada sebuah video Youtube sembari membagikan resep pembuatan di bawah ini.

Resep Pembuatan Kaloci khas Kalimantan

Tahapan pertama yang bisa dilakukan dalam meracik resep pembuatan Kaloci khas Kalimantan tersebut adalah dengan menyiapkan beberapa bahan seperti tepung terigu rosebrand, gula halus dan Pasta makanan.

Cara membuatnya yaitu dengan mencampur tepung dalam 600ml air dan aduk terus sampai hilang gumpalannya, kemudian tambahkan pasta dari berbagai rasa seperti pandan dan lainnya. Baru lah, berikan 2sdm gula halus.

Baca juga: Tips Memilih Bisnis Franchise yang Tepat, Dijamin Anti Rugi!

Saran dari ibu-ibu penjual Kaloci di Kalibata tersebut adalah menggunakan gula biasa yang diblender, jadi bukan gula halus yang langsung beli ya agar cita rasanya seperti kuliner asli Kalimantan.

Berikutnya, kukus adonan tersebut dalam air panas selama 15 menit dengan api sedang sampai matang dan tidak terlihat lagi tepung putihnya. Intinya, sampai adonan cukup kental dan lumer bentuknya.

"Tekstur dengan kematangan sempurna itu jangan terlalu encer dan kekentalan dan air jangan dikurangin atau dilebihkan agar rasanya pas," ujar ibu tersebut pada Youtube Botak Kuliner pada Oktober 2023 lalu.

Tips Jualan Kuliner Kaloci khas Kalimantan

Intinya, agar Kaloci khas Kalimantan terasa asli dan laku terjual hingga peroleh keuntungan berlipat ganda, kamu harus menerapkan beberap tips pada proses pembuatannya berikut.

  • Pakai gula biasa yang diblender
  • Pengadukan adonan harus merata
  • Perhatikan kematangan adonan agar sempurna
  • Ciptakan varian rasa
  • Jual di tempat strategis

Jadi meskipun ibu penjual Kaloci khas Kalimantan pada Youtube Botak Kuliner ini mengaku bahwa jenis jualannya yang paling laku adalah rasa pandan, tapi juga juga menyetok beberapa varian lainnya.

Apabila adonan sudah berhasil dikukus, langsung masukkan dalam loyang. "1 bungkus tepung beras rosebrand ini dapat dibuat 7 porsi dengan harga per porsinya Rp10 ribuan," jelasnya pada sebuah keterangan.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: