Gelar Apel Siaga 2023 di Kantor Gubernur, Mahyeldi: Berikan Fasilitasi Terbaik untuk Penyuluh Pertanian

Minggu, 10 Desember 2023, 15:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Gelar Apel Siaga 2023 di Kantor Gubernur, Mahyeldi: Berikan Fasilitasi Terbaik untuk...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi berdialog dengan penyuluh pertanian se-Sumatera Barat usai Apel Siaga Penyuluh Pertanian 2023 yang digelar Dispentahor Sumbar, di halaman kantor gubernur, Sabtu. (humas)

PADANG (9/12/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengingatkan, sebagian besar penduduk Sumbar bergantung secara ekonomi terhadap aktivitas pertanian, perikanan dan kehutanan.

Berdasarkan data BPS Sumbar 2023, urai dia, kontribusi sektor pertanian, perikanan dan kehutanan mencapai 21,20 persen bagi pertumbuhan ekonomi Sumbar.

"Potensi sektor pertanian yang dominan ini kita jawab dengan kebijakan anggaran 10 persen untuk pertanian. Oleh sebab itu, kami meminta para penyuluh terus mendukung peningkatan kualitas pertanian di Sumbar, tentunya melalui upaya-upaya penyuluhan agar terjadi peningkatan produksi kita," harap Mahyeldi di Padang, Sabtu.

Harapan itu disampaikan Mahyeldi saat jadi pembina Apel Siaga Penyuluh Pertanian 2023 yang digelar Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dispentahor) Sumbar di halaman kantor gubernur, Sabtu.

Baca juga: Mahyeldi: Pengawasan itu Menyelamatkan Pelaksana Pemerintahan

Dalam amanatnya, Mahyeldi meminta para penyuluh pertanian terus memotivasi petani agar produksi pertanian daerah semakin meningkat.

"Apel Siaga ini adalah forum untuk meningkatkan kesadaran bersama tentang pentingnya penyuluhan pertanian," tegasnya.

"Saya meminta para Kepala OPD di Pemprov dan Kabupaten/Kota agar memberikan fasilitasi terbaik kepada para penyuluh pertanian, karena mereka yang akan memotivasi dan meningkatkan kemampuan petani," tambah Mahyeldi.

Dikesempatan itu, Mahyeldi juga mengucapkan terima kasih, atas upaya-upaya pembinaan kelembagaan petani yang sejauh ini telah dilakukan oleh para penyuluh pertanian.

Baca juga: 1.952 Koperasi di Sumbar Tergolong Tak Aktif, Gubernur: Tingkatkan Frekwensi Pembinaan

Berdasarkan data Simluhtan, jumlah kelembagaan petani yang dibina langsung oleh penyuluh, saat ini mencapai 22.147 Kelompok Tani, 1.318 Gabungan Kelompok Tani dan 310 Kelembagaan Kelompok Tani.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH