Personel Damkar Bukittinggi Berjibaku Bersihkan Jalan dari Debu Vulkanik Gunung Marapi

Selasa, 05 Desember 2023, 19:30 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Personel Damkar Bukittinggi Berjibaku Bersihkan Jalan dari Debu Vulkanik Gunung Marapi
Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bukittinggi tengah membersihkan ruas jalan di pusat kota dari debu abu vulkanik letusan Gunung Marapi, Selasa. (hamriadi)

BUKITTINGGI (5/12/2023) - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bukittinggi, Efriyadi mengatakan, pihaknya hingga Selasa siang, terus melakukan pembersihan jalan protokol di kota Bukit inggi.

"Hari ini abu vulkanik Gunung Marapi masih 'menghujani' Kota Bukittinggi. Sehingga, kita terus melakukan pembersihan," ujar Efriyadi.

Disampaikan, kawasan menjadi titik utama pembersihan adalah, areal Jam Gadang, Pasar Atas, jalan-jalan di pasar, Jl Jenderal Sudirman, Jl. Kampung Cina dan Jl Belakang Balok.

"Tempat fasilitas umum seperti Mesjid Agung tengah sawah, juga dilakukan pembersihan di area luarnya, yang banyak dipenuhi material abu vulkanik," ungkapnya.

Baca juga: Gunung Marapi Semburkan Abu Vulkanik di Senin Dinihari, Bunyi Letusan Bangunkan Warga

"Abu vulkanik yang bertebaran di jalan raya, membuat jalan licin dan membahayakan. Sesuai instruksi wali kota, kita kerahkan seluruh personil, untuk melakukan pembersihan," paparnya.

Diketahui, Gunung Marapi setinggi 2.891 meter di atas permukaan laut ini, pada Ahad (3/12/2023), mengalami erupsi sekitar pukul 14:54 WIB.

Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara, lebih kurang 4 menit 41 detik.

Saat ini, Gunung Marapi berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi.

Baca juga: 5 Alat Berat Diturunkan untuk Singkirkan Material Longsor, Mobil Damkar Lakukan Pembersihan Lumpur

Masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki pada radius 3 km dari kawah atau puncak. (*)

Halaman:

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: