Tutorial Makeup K-Beuty Selingi Pengumuman Kelulusan 60 Peserta Kursus Bahasa dan Budaya Korea di SMKN 2 Padang

Jumat, 01 Desember 2023, 15:45 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatera Barat
Tutorial Makeup K-Beuty Selingi Pengumuman Kelulusan 60 Peserta Kursus Bahasa dan Budaya...
Perwakilan JBICA, Program specialist/International Promotion Team, Baek Cheongha bertukar cinderamata dengan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumbar, Doni Rahmat Samulo. (humas)

PADANG (30/11/2023) - Sebanyak 60 orang peserta Kursus Bahasa dan Budaya Korea dinyatakan lulus dengan nilai baik.

Sebelumnya, selama 3 bulan terakhir, terhitung sejak Agustus 2023, mengikuti kursus yang merupakan tindak lanjut dari kerjasama Pemprov Sumatera Barat dengan Provinsi Jeollabuk-do, Korea Selatan.

"Peserta kursus ini, berdasarkan evaluasi dari Jeonbuk International Cooperation Agency (JBICA), dinyatakan lulus dengan nilai baik, karena telah memiliki kemampuan dasar berbahasa Korea," kata Kadis Pendikan Sumbar, Barlius di Padang, Kamis.

Hal itu dikatakan Barlius, saat Closing Ceremony Saemangeum Hangeul Hakdang Indonesia di SMKN 2 Padang.

Baca juga: JAMBORE KORSEL 2023: Kwarcab Pramuka Pessel Kirim Satu Peserta

Ia mengatakan kursus yang dilaksanakan itu merupakan bagian dari kerjasama Sister Province antara Provinsi Sumbar dengan Provinsi Jeollabuk-do.

Kegiatan kursus bahasa Korea itu dibiayai sepenuhnya oleh otoritas pendidikan Korea yakni Jeonbuk International Cooperation Agency (JBICA) dengan nilai sekitar Rp400 juta.

Peserta kursus merupakan masyarakat Sumbar yang sebelumnya telah lolos seleksi dari 138 pendaftar. Mereka terdiri dari 15 orang pencari kerja, 15 guru (ASN), 15 mahasiswa dan 15 siswa.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumbar, Doni Rahmat Samulo mengatakan, kursus Bahasa Korea itu merupakan salah satu poin dalam Letter Of Intent (LoI) kerjasama Sister Province yang ditandatangani Gubernur Sumbar, Mahyeldi, tanggal 17 Februari 2023.

Baca juga: Istana Basa Pagaruyung jadi Saksi Kerjasama Sumatera Barat dengan Provinsi Jeollabuk-Do

"Dalam LoI itu sebenarnya ada beberapa kerjasama yang akan dilaksanakan. Selain kursus Bahasa Korea, juga ada kegiatan magang ASN di Korea serta magang lulusan SMK di Korea," ungkapnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH