Pemkab Agam Sosialisasikan Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka jadi Sarana Edukasi

Senin, 27 November 2023, 17:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pemkab Agam Sosialisasikan Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka jadi Sarana Edukasi
Kepala Disdikbud Agam, Isra membuka sosialisasi pemanfaatan museum Rumah Kelahiran Buya Hamka jadi sarana edukasi di Sungai Batang, Senin. (humas)

AGAM (27/11/2023) - Pemkab Agam, akan kembangkan Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka jadi sarana edukasi dan tempat pendidikan baik langsung maupun tidak langsung.

Disamping ditata melalui seminar kajian dan penambahan koleksi, juga akan dilakukan pemanfaatan koleksi jadi sarana edukasi.

"Banyak rekaman ceramah Buya Hamka. Potensi ini akan kita fokuskan untuk penambahan audio visual pada museum," ungkap Kepala Disdikbud Agam, Isra saat membuka sosialisasi pemanfaatan museum di Sungai Batang, Senin.

Rumah kelahiran Buya Hamka merupakan sebuah museum yang didirikan untuk memperingati tempat kelahiran Buya Hamka, salah seorang tokoh terkemuka Indonesia.

Baca juga: Capaian Penanganan Stunting dan Kemiskinan Agam Tahun 2023 Lampaui Target

Rumah kelahiran Buya Hamka ini terletak di Desa Sungai Batang, Nagari Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Museum ini mempertahankan dan memperlihatkan keadaan asli rumah tempat Buya Hamka dilahirkan.

Pengunjung dapat melihat bagian-bagian dalam rumah, koleksi artefak, barang-barang pribadi, tulisan-tulisan, serta informasi yang berkaitan dengan kehidupan awal Buya Hamka dan konteks sejarah di mana beliau dibesarkan.

Dikatakan Isra, metode audio visual, sering digunakan dalam museum untuk meningkatkan pengalaman pengunjung dan mengkomunikasikan informasi secara lebih menarik.

Baca juga: Aplikasi e-Dasawisma jadi Program Inovasi TP PKK Agam dan Diskominfo

Beberapa metode tersebut antara lain video presentasi, audio guide, proyeksi interaktif, pameran virtual, media digital, pemutaran film, hingga penerapan AI.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH