Waspda! Tiga Pintu Waduk PLTA Koto Panjang Dibuka 40 Cm, Ini Dampaknya

Jumat, 24 November 2023, 17:37 WIB | News | Provinsi Riau
Waspda! Tiga Pintu Waduk PLTA Koto Panjang Dibuka 40 Cm, Ini Dampaknya
Aktivitas tambak ikan di waduk PLTA Koto Panjang, oleh warga Kampar. (humas)

PEKANBARU (24/11/2023) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal mengabarkan, tiga pintu waduk pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang dibuka Jumat siang ini, pukul 14.00 WIB.

"Tiga pintu waduk PLTA Koto Panjang dibuka setinggi 40 centimeter," ungkap Edy Afrizal di Pekanbaru, Jumat sore.

Dikatakan, pembukaan tiga pintu waduk PLTA Koto Panjang ini, disebabkan tingginya hujan dan adanya kenaikan inflow waduk yang menyebabkan kenaikan elevasi cukup signifikan.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, dengan dibukanya pintu waduk, maka diperkirakan akan terjadi kenaikan permukaan air di Sungai Kampar setinggi 20-30 cm," ujarnya.

Baca juga: Menyusuri Lubang Kalam, Terowongan 'Uji Nyali' Penghubung Sumbar-Riau yang Dihuni Ribuan Kelelawar

Karena itu, Edy Afrizal meminta masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Kampar, meningkatkan kewaspadaan setiap kali ada pemberitahuan pembukaan pintu waduk.

"Kami juga sudah koordinasi dengan BPBD Kampar untuk siaga jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal tak diinginkan akibat dampak pembukaan pintu waduk," ungkapnya.

"BPBD Kampar juga sudah menginformasikan kondisi terkini PLTA Koto Panjang ke Camat agar dapat menginfokan ke desa yang dekat dengan aliran sungai Kampar," tutupnya. (*)

Baca juga: Simalakama Pintu Air Bendungan Koto Panjang; Ditutup, Pangkalan Banjir, Dibuka, Kampar yang Terendam

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: