Penggiat PMTN Fakultas Hukum Unand Datangi DPRD Sumbar, Raflis: Tanda Mahasiswa tak Apatis dengan Politik

Jumat, 24 November 2023, 08:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Penggiat PMTN Fakultas Hukum Unand Datangi DPRD Sumbar, Raflis: Tanda Mahasiswa tak...
Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis menerima cenderamata dari pengurus Perhimpunan Mahasiswa Tata Negara (PMTN) Fakultas Hukum Unand usai dialog di ruang khusus 1 kantor DPRD Sumbar, Kamis. (humas)

PADANG (23/11/2023) -- Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis menilai, kehadiran Perhimpunan Mahasiswa Tata Negara (PMTN) Fakultas Hukum Unand berkunjung ke DPRD Sumatera Barat, menandakan generasi muda tidak lagi apatis terhadap dunia politik.

"Kami merasa bangga dan senang, karena mahasiswa tidak lagi apatis terhadap politik. Indikatornya mahasiswa berani mendatangi dan tidak menjaga jarak dengan parlemen," ucap Raflis di ruang khusus 1 kantor DPRD Sumbar, Kamis.

Hal itu dikatakan Raflis didampingi Kasubag Protokol dan Kehumasan Darul Idris, saat menerima kunjungan studi edukasi belasan orang penggiat PMTN FH Unand dengan tema 'Menilik Dinamika Peran dan Fungsi DPRD dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Sumatera Barat.'

Dikesempatan itu, Raflis menerangkan, DPRD merupakan lembaga negara yang sejajar dengan kepala daerah. Memiliki peran pengawasan, penganggaran dan membuat produk hukum (Perda).

Baca juga: Narasumber di Unand, Supardi Tantang Perguruan Tinggi Kawal Pilkada Nasional Serentak 2024

"Saat ini, DPRD Sumbar berjumlah 65 orang anggota. Dari jumlah itu, empat orang jadi pimpinan terdiri atas satu ketua dan tiga wakil ketua," terang Raflis.

Berbicara terkait Alat Kelengkapan Dewan (AKD), lanjut Raflis, DPRD Sumbar memiliki lima komisi, yaitu Komisi I sampai komisi V.

Kemudian ada Badan Anggaran (Banggar). Tugas Banggar yaitu menyusun dan memastikan bahwa anggaran ini memang digunakan sebesar-besarnya untuk masyarakat Sumbar.

Selanjutnya, Badan Musyawarah (Bamus). Tugasnya membahas jadwal kegiatan anggota DPRD yang meliputi reses, sosialisasi Perda.

Baca juga: Halal Bihalal Civitas Akademika Unand, Rektor: Mari Berjabat Tangan karena itu Menghilangkan Dendam

Ada pula Badan Kehormatan (BK) yang memiliki tugas mengawasi etika dari Anggota DPRD Sumbar.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: