Suwirpen Suib Ajak Wakil Rakyat Alokasikan Pokir untuk Penanganan Stunting, Ini Alasannya

Rabu, 22 November 2023, 12:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Suwirpen Suib Ajak Wakil Rakyat Alokasikan Pokir untuk Penanganan Stunting, Ini Alasannya
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib memberikan bantuan penanganan stunting di Kecamatan Kuranji, Sabtu. (humas)

PADANG (18/11/2023) - Pencegahan stunting, sangat penting untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Sumatera Barat yang berkualitas di masa depan.

"Seluruh pemangku kepentingan, mesti lebih serius dalam penurunan prevelansi stunting," ungkap Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib saat memberikan bantuan penanganan stunting di Kecamatan Kuranji, Sabtu.

Berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 lalu, angka prevalensi stunting Sumbar sebesar 25,2 persen atau naik 1,9 persen dibanding tahun 2021 yang mencapai 23,3 persen.

Sementara, target penurunan prevelansi stunting sebesar 11 persen pada tahun 2024. Tentunya, seluruh unsur perlu melakukan upaya yang lebih optimal.

Baca juga: Sosper No 9 Tahun 2018 di Solok, Suwirpen: Napza Sudah Merambah Generasi Muda di Pedesaan

Suwirpen mengajak seluruh wakil rakyat yang duduk pada tingkat kota, kabupaten hingga provinsi, merealisasikan anggaran pokok pikiran (pokir) untuk penangan stunting.

Sebab, katanya, kondisi stunting pada anak, tidak hanya terjadi karena orangtua tidak sanggup memenuhi kebutuhan gizi anak, namun juga karena pola asuh yang tidak tepat.

Terkait bantuan program bantuan stunting, Suwirpen, menyediakan 2.000 lebih paket bantuan untuk beberapa kabupaten/kota.

Program itu akan terus berlanjut hingga 2024, bahkan bisa dilaksanakan hingga tiga kali lagi sehingga bantuan itu tersebar merata pada 19 kabupaten/kota di Sumbar.

Baca juga: Safari Ramadhan ke Cupak Solok, Suwirpen: Awasi Generasi Muda dari Pengaruh Narkotika

Ia menegaskan, akan mengawal dan memastikan pelaksanaan percepatan penurunan stunting sesuai dengan target dan masuk dalam program prioritas daerah.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: