Seminar IORA, Mahyeldi: Teluk Bayur Layak jadi Gerbang Indonesia di Pesisir Barat

Senin, 21 Desember 2015, 21:01 WIB | News | Kota Padang
Seminar IORA, Mahyeldi: Teluk Bayur Layak jadi Gerbang Indonesia di Pesisir Barat
Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo di Seminar Nasional Indian Ocean Rim Association Group (IORAG), di Auditorium Utama LIPI, Jakarta, Senin (21/12/2015). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sebagai daerah yang berada di garis pantai, Padang memiliki pelabuhan berkapasitas terbesar di Sumatera, yakni Teluk Bayur. Teluk Bayur merupakan muara dari setiap hasil Sumber Daya Alam (SDA) di daerah-daerah yang berada di Sumatera Barat dan Sumatera bagian tengah.

"Potensi SDA itu di antaranya seperti CPO, ikan tuna, batu bara, minyak, gas dan lainnya. Tahun 2015 ini, CPO yang dikirim melalui Teluk Bayur 2,5 juta ton per tahun," papar Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo di Seminar Nasional Indian Ocean Rim Association Group (IORAG), di Auditorium Utama LIPI, Jakarta, Senin (21/12/2015).

Dikatakan, infrastruktur Teluk Bayur saat ini cukup memadai. Perluasan, pemoderenan, fasilitas dan bongkar muat sudah lebih cepat dari sebelumnya.

"Potensi perikanan kita cukup besar, ini akan mengokohkan Padang (Teluk Bayur) lebih strategis. Kemudian program Presiden Jokowi berkaitan dengan tol laut, Teluk Bayur adalah kawasan pendukungnya," sebutnya.

Baca juga: Prodi Pariwisata ISI Padang Panjang Datangkan Direktur Pemasaran Kemenpar, Ini Targetnya

Semen Padang Dikirim ke Mauritus.

D sisi lain, sebagai gerbang di Samudera Hindia di barat pulau Sumatera, Padang dengan pelabuhan Teluk Bayurnya telah jadi jalur ekspor luar negeri yang paling utama di Sumatera.

Hasil yang diperoleh pada saat pertemuan IORA lalu di Padang, salah satu negara peserta IORA bahkan telah menjalin kerjasama di bidang perekonomian.

"Rombongan dari Mauritius telah datang ke Padang. Mereka meninjau langsung pabrik PT Semen Padang dan pelabuhan Teluk Bayur. Februari nanti akan dilakukan pengiriman semen perdana ke Mauritius," kata Mahyeldi.

Baca juga: Survei Voxpol Pilgub Sumbar 2024, Elektabilitas Mahyeldi-Vasko 70,3 Persen, Epyardi-Ekos 16,8 Persen

Dikatakan, untuk memperkuat IORA, Padang telah menggagas dibentuk Indian Ocean Local Government Forum (IOLGF). Padang merupakan koordinator ketua IOLGF dengan jumlah anggota sebanyak 70 kabupaten/kota.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024