Penyelesaian Sengketa Lahan Eks Lapangan Terbang Gadut, Bupati Agam Paparkan Ini ke Pengurus KAN

Selasa, 07 November 2023, 08:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Penyelesaian Sengketa Lahan Eks Lapangan Terbang Gadut, Bupati Agam Paparkan Ini ke...
Bupati Agam, Andri Warman paparkan upaya penyelesaian sengketa lahan eks Lapangan Terbang Gadung di kantor KAN Gadut, Ahad. (humas)

AGAM (6/11/2023) - Bupati Agam, Andri Warman mengungkapkan, Pemkab Agam akan membentuk tim terpadu penyelesaian permasalahan tanah eks Lapangan Terbang Gadut di Kecamatan Tilatang Kamang.

"Tim terpadu ini nanti akan melibatkan ninik mamak Nagari Gadut, Pemkab Agam, Pemprov Sumbar dan TNI AU," ungkap Andri Warman saat menghadiri silaturahmi ninik mamak Gadut di Kantor KAN Gadut, Ahad.

Dikesempatan itu, Andri Warman memastikan, Pemkab Agam akan terus memperjuangkan dan mengawal sengketa kepemilikan lahan ini.

"Semoga, persoalan ini bisa selesai tanpa ada pihak yang dirugikan. Mari kita sama-sama berjuang," harap Andri Warman

Baca juga: Komisi I DPRD Sumbar Temui Bupati Agam, Perdalam Informasi Pembentukan DOB Agam Tuo

Diketahui, tanah eks Lapangan Terbang Gadung diklaim milik TNI AU, sehingga terjadi persoalan dengan masyarakat yang sudah banyak mempunyai sertifikat di areal tersebut.

Menyelesaikan persoalan ini, Andri Warman dikesempatan itu mengungkapkan, Pemkab Agam bersama Pemprov Sumbar sudah menemui langsung Pejabat Mabes TNI AU, merembukkan persoalan ini dalam rangka mencari solusinya.

Tindaklanjut dari penyelesaian persoalan ini, katanya, masyarakat dengan TNI AU akan dilakukan mediasi. Dalam hal ini Pemkab Agam bekerjasama dengan tim mediasi dari UGM Yogyakarta.

"Sebelumnya, juga telah dilakukan langkah awal pembahasan bersama TNI AU. Seperti, menyampaikan hasil pengukuran dan pendataan lapangan," terangnya.

Baca juga: Agam Raih WTP Kesepuluh secara Berturut-turut, Bupati: Tak Banyak Daerah Mampu Seperti Ini

Hasil pendataan itu, terdapat 753 bidang tanah yang sudah terdaftar dengan luas 56,66 Ha dan bersertifikat.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: