Jalan Kaki menuju Pulau di Seberang Lautan, Mungkinkah? Inilah Sensasi Berwisata di Pantai Air Manis Padang

Senin, 06 November 2023, 06:45 WIB | Wisata | Kota Padang
Jalan Kaki menuju Pulau di Seberang Lautan, Mungkinkah? Inilah Sensasi Berwisata di...
Pulau Pisang Ketek di objek wisata Pantai Air Manis Padang, yang bisa ditempuh dengan jalan kaki jika pasang lagi surut. (veri rikiyanto)

PADANG (5/11/2023) - Hampir semua kita pasti tahu dengan cerita Nabi Musa yang membelah Laut Merah, saat dikejar oleh Firaun dengan bala tentaranya.

Cerita yang juga telah diangkat oleh salah satu rumah produksi di Amerika ke layar lebar berjudul Prince of Egypt ini, bahkan melahirkan salah satu lagu hits berjudul When You Believe yang dibawakan dua orang diva musik dunia, Whitney Houston dan Mariah Carey.

Bicara tentang membelah laut, ternyata di Kota Padang, tepatnya di Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, juga terdapat objek wisata yang membuat kita bisa merasakan sensasi membelah laut.

Pengunjung tengah menyeberang laut untuk sampai ke Pulau Pisang Ketek di kawasan wisata Pantai Air Manis, Padang. (veri rikiyanto)
Pengunjung tengah menyeberang laut untuk sampai ke Pulau Pisang Ketek di kawasan wisata Pantai Air Manis, Padang. (veri rikiyanto)

Di kawasan Pantai Air Manis yang terkenal dengan legenda Malin Kundang tersebut, ada sebuah pulau yang berjarak beberapa ratus meter dari pantai. Pulau tersebut bernama Pulau Pisang Ketek (kecil).

Baca juga: Ini Jalur Masuk dan Keluar Objek Wisata Pantai Air Manis selama Libur Lebaran

Menuju Pantai Air Manis, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota atau satu jam dari Bandara Internasional Minangkabau.

Sesampainya di lokasi, jika beruntung, saat pasang lagisurut, para pengunjung dapat berjalan kaki menuju Pulau Pisang Ketak tersebut.

Karena, pada saat itu ketinggian air laut hanya sebatas mata kaki orang dewasa.

Menurut Dodi, salah seorang warga yang tinggal di kawasan tersebut, saat pasang surut, air laut dipisahkan oleh pulau, sehingga tercipta bentangan pasir dan koral yang bisa dilewati dengan berjalan kaki.

Baca juga: Masuk Pantai Air Manis Wajib Telah Divaksin, Kapolsek: Jika Belum, Vaksinator Kita Siagakan

"Biasanya surut selama 3-4 jam sehari, waktunya mengikut pasang. Nanti kalau pasang naik, jalur tadi kembali tertutup oleh air laut," kata Dodi.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: