Polres Pasbar Temukan 4 Titik Lokasi Tambang Emas di Batang Taming, Ekskavator dan Kotak Diamankan

Kamis, 02 November 2023, 10:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Polres Pasbar Temukan 4 Titik Lokasi Tambang Emas di Batang Taming, Ekskavator dan Kotak...
Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Pasaman Barat bersama personel Polsek Ranah Batahan menemukan lobang bekas galian tambang emas ilegal di aliran arah hulu Aliran Batang Taming, Rabu. (robi irwan)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PASAMAN BARAT (1/11/2023) - Kapolres Pasaman Barat, AKBP Agung Basuki mengatakan, menemukan empat lokasi dompeng dalam keadaan kosong di arah hulu Aliran Batang Taming. Selain itu, juga ditemukan alat berat jenis ekskavator.

"Diduga, lokasi ini tempat penambangan emas ilegal oleh masyarakat sekitar. Ekskavator merk XCMG ditemukan dalam kondisi rusak berat dan tidak layak pakai, di lokasi pinggir sungai itu," ungkap AKBP Agung Basuki di Simpang Empat, Rabu.

Selain itu, Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Pasaman Barat bersama personel Polsek Ranah Batahan, juga menemukan satu unit box yang terbuat dari kayu, diduga peralatan untuk melakukan penambangan emas.

"Di lokasi ini, ditemukan adanya bekas galian alat berat. Diduga, lokasi kegiatan penambangan emas ilegal yang sudah ditinggalkan pelaku penambangan beberapa hari lalu," ungkap AKBP Agung.

Baca juga: Tim Opsnal Polres Pasbar Grebek Tambang Emas Ilegal Dinihari, 7 Pelaku Dicokok, Operator Alat Berat Kabur

Dalam memberantas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI), Polres Pasbar melakukan patroli di aliran Batang Taming yang berada di Jorong Taming Julu, Nagari Batahan Utara, Kecamatan Ranah Batahan secara berkala.

"Kita akan menindak tegas dan melakukan penegakan hukum, baik bagi pelaku maupun pemodal penambangan emas secara ilegal yang beroperasi diwilayah hukum Polres Pasaman Barat," ungkapnya.

Sebelum melakukan patroli dan pengecekan lokasi, personel Polsek Ranah Batahan dan Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Pasaman Barat, melaksanakan persiapan di Mapolsek Ranah Batahan.

Apel ini dipimpin langsung Kapolsek Ranah Batahan, AKP Muswar Hamidi didampingi Kanit Tipidter, Aipda Ilva Yanarida.

Baca juga: Kejari Pasbar Masukan Memori Kasasi atas Putusan Bebas Terhadap Terdakwa Pemodal Tambang Ilegal

"Personel berangkat dari Mapolsek Ranah Batahan dengan menggunakan kendaraan roda dua, dengan tujuan aliran Batang Taming di Jorong Taming Julu, Nagari Batahan Utara," terangnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Devan Alvaro
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: