Jembatan Sementara Kurao Pagang - Dadok Segera Tuntas

Kamis, 17 Desember 2015, 19:19 WIB | News | Kota Padang
Jembatan Sementara Kurao Pagang - Dadok Segera Tuntas
Dua orang pekerja, tengah memasang pondasi jembatan darurat yang menghubungkan Kurao Pagang dengan Dadok, Kamis (17/12/2015). Jembatan ini merupakan akses vital bagi masyarakat sekitar.

VALORAnews - Jembatan alternatif menghubungkan Kurao Pagang -- Dadok Tunggul Hitam, akan segera rampung dalam waktu dekat. Pembangunan jembatan sementara yang berada tak jauh dari SMPN 29 Padang itu, kini tengah dalam pengerjaan.

Pantauan Kamis (17/12/2015) siang, dua orang pekerja terlihat sibuk bekerja. Mereka mengerjakan penahan atau podasi di kedua pangkal jembatan. Sedangkan lantai jembatan masih belum terpasang.

Menurut seorang pekerja, Kamal, pengerjaaan pondasi mendekati rampung. Kedua pondasi di masing-masing pangkal jembatan telah berdiri. "Pondasi kedua pangkal bisa dikatakan hampir rampung," ujarnya.

Kamal mengatakan, saat ini kedua pangkal jembatan juga telah dilakukan penimbunan. Timbunan tanah tersebut sudah berdatangan. "Timbunan ini tiba tadi pagi," tambahnya.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

Kamal menyebut, setelah selesai penimbunan dan pengerjaan pondasi, nantinya akan dilakukan pengerjaan pemasangan legger (besi). "Jika legger ini terpasang, jembatan akan bisa dilewati. Diprediksi menjelang akhir tahun ini jembatan selesai," harapnya.

Pembangunan jembatan darurat sebagai jalan alternatif ini dibangun melalui dana APBD Kota Padang 2015. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang melalui Kabid Bina Marga, Hendry Piton mengatakan, pengerjaan jembatan melalui dana operasional. "Biaya untuk pembangunan jembatan darurat ini sekitar Rp20 juta," sebut Hendry belum lama ini.

Jembatan Kurao Pagang -- Dadok Tunggul Hitam ini direncanakan akan dibangun secara permanen pada 2016 nanti. Dinas PU Kota Padang telah menganggarkan dana untuk pembangunan itu. "Fisik jembatan terbuat dari beton dengan panjang sekitar 20 meter dan lebar 7 meter," ungkap Hendry.

Pelaksanaan tender dilakukan Januari 2016. Sedangkan pengerjaan diprediksi akan dimulai Februari. Pagu dana untuk pembangunan jembatan sebesar Rp4,5 miliar. Diestimasi pengerjaan akan memakan waktu empat bulan lamanya.

Baca juga: Mendagri Tunjuk Andree Harmadi Algamar jadi Pj Wali Kota Padang, Ini Empat Larangan yang Tak Boleh Dilanggar

Akan selesainya pengerjaan jembatan darurat ini disambut baik warga sekitar. Meli, seorang siswi SMPN 29 menyebut jika jembatan ini selesai dirinya tak akan lagi jauh berjalan kaki menuju sekolah. Sebab selama ini dirinya mesti berputar jalan menuju sekolah karena kondisi jembatan yang memprihatinkan dan sulit untuk dilewati.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: