Sukses Pemilu 2024, Suwirpen: Lakukan Deteksi dan Cegah Dini Potensi Gangguan Keamanan dan Ketertiban

Jumat, 20 Oktober 2023, 18:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Sukses Pemilu 2024, Suwirpen: Lakukan Deteksi dan Cegah Dini Potensi Gangguan Keamanan...
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen saat menghadiri FGD Forkopimda terkait sinergitas dan antisipasi potensi kerawanan tahapan Pemilu 2024, di ruang rapat kantor gubernur, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (18/10/2023) - Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat, Suwirpen Suib mengatakan, kesuksesan Pemilu 2024 ditentukan faktor kesiapan penyelenggara, pemerintah daerah dan aparat keamanan dalam mengantisipasi berbagai potensi kerawanan.

"Salah satu indikator penting dalam mengukur kesuksesan penyelenggaraan Pemilu adalah situasi yang tertib dan aman. Untuk itu, setiap pemangku kepentingan perlu mengawal seluruh rangkaian tahapan pemilu dengan baik," ungkap Suwirpen di Padang, Rabu.

Penilaian itu disampaikan Suwirpen, saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait sinergitas dan antisipasi potensi kerawanan tahapan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024, di ruang rapat kantor gubernur.

Rapat tersebut bertujuan, meningkatkan integritas dan profesionalisme, sehingga tercipta sinergitas yang kuat dan saling berkesinambungan.

Baca juga: Pimpinan Sementara DPRD Mentawai Konsultasikan Hak dan Kewenangan dengan Sekretaris DPRD Sumbar

Selain itu, dengan seluruh pemangku kepentingan Pemilu dapat menjalankan tugas dengan baik, sehingga tercipta iklim demokrasi yang damai dan kondusif.

Menurut Suwirpen, perlu dilakukan deteksi dan cegah dini terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban, yang dapat mengganggu pelaksanaan perhelatan pesta demokrasi yang akan datang.

"Ditabuhnya gendang Pemilu, tidak hanya sekadar dimaknai sebagai rutinitas politik lima tahunan saja, namun, terdapat sejumlah potensi kerawanan yang harus diantisipasi, agar kesuksesan kepemimpinan nasional dapat berjalan dengan baik," ungkap dia.

"Pengawasan yang kuat disertai dengan penerapan sanksi yang tegas menjadi kunci untuk memastikan terlaksananya netralitas dalam Pemilu," tambah Suwirpen. (*)

Baca juga: Suwirpen Suib Ikuti Upacara Penurunan Bendera HUT RI ke-79, Ingatkan Pentingnya Persatuan

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: