Sumbar jadikan Dinas Kominfotik Penanggung Jawab SP4N-LAPOR!

Kamis, 19 Oktober 2023, 07:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Sumbar jadikan Dinas Kominfotik Penanggung Jawab SP4N-LAPOR!
Sekda Sumbar, Hansastri memberikan arahan pada kegiatan Sosialisasi SP4N-LAPOR! dan FGD Strategi Keberlanjutan Implementasi Rencana Aksi SP4N-LAPOR! yang digelar UNDP di Padang, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Sebelumnya, dari hasil monitoring KemenpanRB pada 9 Agustus 2021, pengelolaan pengaduan SP4N-LAPOR Pemerintah Sumbar berhasil menduduki peringkat ke-3 untuk seluruh Provinsi di Indonesia.

"Atas capaian tersebut, Provinsi Sumbar dianugerahi Piala Anggakara Birawa kategori instansi pemerintah umum dari KemenpanRB, karena dianggap berhasil pada ajang Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional," ungkap Hansastri.

Hansastri mengatakan, saat ini penanggung jawab pengelolaan pengaduan SP4N-LAPOR di Provinsi Sumbar masih dipegang oleh Biro Organisasi.

Baca juga: Pemprov Sumbar Raih Bapanas Award 2024, Terima Hadiah Mobil SPHP

Kedepan, akan dialihkan pada Dinas Kominfotik sesuai dengan amanat Permendagri No 8 Tahun 2023.

"Kita juga telah menyiapkan SK Gubernur untuk susunan Tim Koordinasi Pengelolaan Pengaduan dan Petugas Admistrator Pengelola SP4N-LAPOR di Sumbar dengan No: 065-470-2023," pungkasnya.

Layanan Satu Pintu Nasional

Analis kebijakan muda KemenPANRB, Rosikin menyampaikan, SP4N-LAPOR merupakan layanan satu pintu nasional, dalam penyampaian aspirasi dan pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik dan tata kelola pemerintah.

"Melalui pengaduan tersebut, kita di Pemerintahan dapat berbenah, sehingga tugas dasar pemerintah sebagai pelayan masyarakat dapat terlaksana dengan maksimal," kata Rosikin.

Secara nasional, KemenpanRB menargetkan pada tahun 2024 nanti, jumlah pengguna SP4N-LAPOR! telah mencapai 1,8 juta.

Selanjutnya, dia berharap, Pemprov Sumbar dapat terus menjaga konsistensinya dalam menindaklanjuti setiap aspirasi dan pengaduan yang disampaikan masyarakat.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024