Sumbar jadikan Dinas Kominfotik Penanggung Jawab SP4N-LAPOR!

Kamis, 19 Oktober 2023, 07:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Sumbar jadikan Dinas Kominfotik Penanggung Jawab SP4N-LAPOR!
Sekda Sumbar, Hansastri memberikan arahan pada kegiatan Sosialisasi SP4N-LAPOR! dan FGD Strategi Keberlanjutan Implementasi Rencana Aksi SP4N-LAPOR! yang digelar UNDP di Padang, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (18/10/2023) -- Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbar, Hansastri mengungkapkan, implementasi pemanfaatan aplikasi SP4N-LAPOR! dari tahun ke tahun di Sumbar, memperlihatkan trend yang cukup bagus pada penggunaan dan penyelesaiannya.

Dikatakan, pada tahun 2020 terdapat sebanyak 97 jumlah pengaduan, terselesaikan 82 pengaduan; Tahun 2021 jumlah pengaduan sebanyak 62, terselesaikan sebanyak 46 pengaduan.

Kemudian, Tahun 2022 dari total 40 pengaduan terselesaikan sebanyak 29 pengaduan; kemudian Tahun 2023 per 16 Oktober dari 60 pengaduan berhasil diselesaikan seluruhnya.

"Dari data tersebut kita melihat, partisipasi dan tingkat penyelesaiannya cukup baik. Supaya lebih optimal, kedepan kita akan lebih menggencarkan sosialisasi agar semakin banyak masyarakat yang mengetahuinya," tegas Hansastri di Padang, Rabu.

Baca juga: Penyadartahuan Indonesia's Folu NET SINK 2030, Sekda: Sumbar Komit Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

Hal itu diungkapkannya, saat membuka Sosialisasi SP4N-LAPOR! dan FGD Strategi Keberlanjutan Implementasi Rencana Aksi SP4N-LAPOR! yang digelar UNDP di Padang.

Aplikasi SP4N-LAPOR! merupakan sebuah terobosan yang digagas oleh KemenPANRB dan telah terintegrasi secara nasional mulai dari pusat hingga daerah.

Untuk pemanfaatan aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengaksesnya melalui website www.lapor.go.id, selain juga tersedia di Playstore serta Appstore.

Sosialisasi ini sekaligus untuk memastikan pelayanan publik di Sumbar terselenggara dengan baik. Caranya, dengan mengoptimalkan pemanfaatan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Sumbar.

Baca juga: 40 DPRD Pasaman Barat 2024-2029 Dilantik, Ini Harapan Sekdaprov Sumbar

"Kita akan optimalkan pemanfaatan aplikasi SP4N-LAPOR untuk kawal kualitas pelayanan publik. Masyarakat bisa langsung laporkan, jika menemukan pelayanan kurang baik di sana," tegas Hansastri.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024