Sosialisasi Gemarikan, Dinas Pertanian dan Pangan Gelar Lomba Cipta B2SA dan Masak Ikan

Jumat, 13 Oktober 2023, 06:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Sosialisasi Gemarikan, Dinas Pertanian dan Pangan Gelar Lomba Cipta B2SA dan Masak Ikan
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar meninjau kreasi ibu-ibu yang mengikuti lomba Cipta B2SA dan Lomba Masak Ikan Tingkat Kota Bukittinggi Tahun 2023, di Pedestarian Jam Gadang, Kamis. (hamriadi)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (12/10/2023) - Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi gelar Lomba Cipta B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) dan Lomba Masak Ikan Tingkat Kota Bukittinggi Tahun 2023, Penilaian dilaksanakan langsung di Pedestarian Jam Gadang, Kamis.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyampaikan, lomba Cipta B2SA dan lomba masak ikan, karena ikan memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi untuk pertumbuhan anak.

"Kreatifitas ini menjadi pemicu untuk masyarakat melahirkan menu makanan setiap hari untuk meningkatkan gizi masyarakat dan menekankan penurunan stunting," ungkap Erman usai pembukaan.

Dia menambahkan, Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) adalah program nasional yang dicanangkan untuk mengampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyak kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbahan dan kecerdan otak.

Baca juga: 1.030 Guru Non PNS Bukittinggi Dibayarkan Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Sementara, Ketua TP-PKK,. Fiona Agyta yang juga Ketua Forikan Bukittinggi menyampaikan, dalam rangka mendukung upaya memasyarakatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman dengan memanfaatkan sumber daya bahan lokal.

Salah satu bentuk dukungan pemerintah kota yang dilakukan adalah lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dan lomba masak serba ikan tingkat kota bukittinggi yang sudah laksanakan setiap tahunnya.

Lomba ini diikuti 3 orang Kader PKK dari masing-masing Kelurahan sebagai peserta Lomba Cipta Menu B2SA dan 3 orang Kader PKK sebagai peserta Lomba Masak Serba Ikan yang diikuti seluruh kelurahan Kota Bukittinggi.

Tahun ini, Kota Bukittinggi mewakili Sumatera Barat untuk Lomba Forikan tingkat nasional yang terdiri dari tiga kategori. Menu balita, menu kudapan dan menu keluarga. Lomba ini akan dilaksanakan pada bulan November 2023. (*)

Baca juga: Wako Bukittinggi bersama Dewan Pendidikan Kunjungi SMAN 1 Landbouw

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: