Agam Gelar Bimtek Tahap 4 Penyusunan Masterplan Smart City, Ini Target Selanjutnya

Senin, 09 Oktober 2023, 17:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Agam Gelar Bimtek Tahap 4 Penyusunan Masterplan Smart City, Ini Target Selanjutnya
Suasana Bimtek penyusunan masterplan dan quick win program unggulan Kota Cerdas yang digelar Pemkab Agam bersama Kemenkominfo, Senin. (humas)

AGAM (9/10/2023) - Staf Dirjen Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Pengembangan SPBE dan Kota Cerdas, Mellawaty menjelaskan, Bimtek Tahap 4 merupakan tahap review dokumen masterplan smart city yang penyusunannya dilakukan selama tahap 1 hingga tahap 3.

"Ini merupakan tahapan konfirmasi, apakah ada masukan yang berbeda dari sebelumnya kemudian dipastikan adanya kolaborasi dari program-program yang diusulkan dari semua OPD," ungkap Mellawaty disela kegiatan Bimtek Tahap 4, di Lubuk Basung, Senin.

Bimtek (bimbingan teknis) ini dalam rangka implementasi gerakan menuju kota cerdas (smart city). Bimtek ini merupakan tahap akhir dari penyusunan masterplan dan quick win program unggulan Kota Cerdas.

Pelaksanaan Bimtek sesi terakhir ini berfokus pada elemen pembangunan Smart City yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

Baca juga: MAWARDI ROSKA: Kami Hadir di GTA, untuk Perubahan Lebih Baik

Dikatakan, output dari program ini mengeluarkan buku masterplan smartcity yang terdiri dari dokumen buku 1, 2 dan 3.

"Buku 3 merupakan overview atau executive summary dari buku 1 dan 2 yang disajikan untuk level pimpinan," lanjutnya.

Dia menambahkan, nantinya juga ada buku quick win yang merupakan usulan program percepatan dari masing-masing dimensi smart city.

"Kan, kita ada 6 dimensi. Nanti, ada 6 usulan program percepatan implementasi smart city. Banyak masyarakat yang ingin tahu seperti apa smart city, jadi kita luncurkan program quick win supaya masyarakat paham serta cepat merasakan dampak dari smart city," ujar Mella.

Sebelumnya, Dinas Kominfo Agam telah laksanakan Bimtek tahap pertama hingga ketiga, dengan peserta mencakup seluruh OPD dan 4 kecamatan di antaranya Lubuk Basung, Tanjung Raya, IV Koto serta Palupuh.

Program menuju smart city sudah dilaksanakan sejak tahun 2017. Sudah ada 11 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat yang didampingi Dirjen Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kemenkominfo terkait program ini.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: