DPRD Sumbar Diminta Aktif Awasi Pembentukan Pansel Komisaris dan Direksi Bank Nagari

Minggu, 08 Oktober 2023, 17:30 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Sumbar Diminta Aktif Awasi Pembentukan Pansel Komisaris dan Direksi Bank Nagari
Ketua Komisi III DPRD Sumbar, Ali Tanjung didampingi anggota, Ismunandi Sofyan (kanan) menerima aspirasi yang disampaikan perwakilan KMP Bank Nagari, usai audiensi, Jumat. (humas)

PADANG (6/10/2023) - Elemen masyarakat dari Koalisi Masyarakat Peduli Bank Nagari (KMP Bank Nagari) meminta DPRD Sumatera Barat, secara aktif mengawasi proses pembentukan panitia seleksi (Pansel) dan proses suksesi Dewan Komisaris dan Dewan Direksi Bank Nagari.

"Bank Nagari merupakan salah satu BUMD di Pemprov Sumatera Barat yang menyumbang bagi pendapatan asli (PAD) daerah dalam jumlah signifikan. Sewajarnya, DPRD memantau dan mengawasi proses pembentukan Pansel dan proses suksesi Dewan Komisaris dan Dewan Direksi," kata Ketua KMP Bank Nagari, Marlis di Padang, Jumat.

Hal itu disampaikan Marlis saat memimpin rombongan KMP Bank Nagari audiensi dengan Komisi III DPRD Sumatera Barat.

Audiensi ini terkait dengan rencana Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Nagari, 11 Oktober 2023 depan. agenda RUPS-LB ini yakni pembentukan Pansel dewan direksi dan komisaris Bank Nagari.

Baca juga: HGB Telah Berakhir, Hotel Milik Pemprov Sumbar masih Kerjasamakan dengan Pihak Lain

Dikesempatan itu, KMP Bank Nagari juga meminta para pemegang saham dan Pansel, untuk menghentikan wacana mendatangkan calon direksi dari eksternal Bank Nagari.

"Ini sangat penting karena berkaca pada pengalaman periode 2016-2020, kinerja Bank Nagari memburuk karena mendatangkan direksi dari luar," ujar Marlis.

KMP Bank Nagari juga meminta pemegang saham seri A, untuk memilih anggota Pansel yang terdiri dari orang-orang yang memiliki kompetensi di bidang perbankan dan tidak terafiliasi dengan kelompok politik tertentu.

"Kita ingin pembentukan anggota Pansel dilakukan secara terbuka dan transparan dan anggota Pansel tersebut memang memiliki kompetensi di bidang perbankan," pungkas Marlis.

Baca juga: Lima Fraksi di DPRD Sumbar Nyatakan Penundaan Ranperda Konversi Bank Nagari ke Sistem Syariah, Ini Alasannya

Siap Mengawal

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: