Ini OPD di Tanah Datar Terbaik Kelola Arsip

Kamis, 05 Oktober 2023, 09:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Ini OPD di Tanah Datar Terbaik Kelola Arsip
Asisten I Setdakab Tanah Datar, Elizar menyerahkan penghargaan kepada OPD terbaik dalam mengelola arsip di Pagaruyung, Rabu (4/10/2023). (humas)

TANAH DATAR (4/10/2023) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar memberikan penghargaan bagi organisasi perangkat daerah (OPD) yang terbaik dalam mengelola arsip.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Tanah Datar Ermon Revlin menyampaikan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menjadi OPD terbaik dalam pengelolaan arsip dengan nilai 170,86 kategori BB atau sangat baik.

"Pengelolaan kearsipan bagi OPD sangat berguna untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian, dan peran serta perangkat daerah dalam penataan dan pengelolaan kearsipan," kata Ermon di Pagaruyung, Rabu.

Ermon menyampaikan OPD terbaik kedua adalah Kantor Kesbangpol dengan nilai 64,90 kategori B atau baik, dan terbaik tiga BPBD dengan nilai 64,04 kategori B atau baik.

Baca juga: Pemprov Sumbar Gelontorkan Rp137 miliar untuk Perbaikan Jalan Provinsi di Tanah Datar

Kemudian, Bagian Hukum menjadi perangkat daerah yang terbaik pengelolaan arsip di lingkungan Sekretariat Daerah.

Ermon mengharapkan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Tanah Datar dapat mewujudkan kesadaran dan tertib arsip dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipadan sesuai standar, fungsi, dan kaidah kearsipan.

"Setiap OPD harus mampu melaksanakan pengelolaan penataan arsip, dinamis melakukan penyelamatan arsip vital, arsip terjaga dan penyerahan arsip statis dan bernilai sejarah," kata Ermon.

Sementara itu, Asiten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Tanah Datar Elizar menyampaikan apresiasi pada Dinas Perpustakan dan Kearsipan dalam mewujudkan efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik melalaui kegiatan pengawasan kearsipan internal di lingkup Pemerintah Tanah Datar.

Baca juga: Akhir Pekan Kemana? Yuk Berwisata ke 6 Tempat Liburan di Tanah Datar, Sumbar

Ia berharap seluruh OPD dapat mewujudkan dan menerapkan dengan sungguh-sungguh dan tanggung jawab karena hasil penilaian pengawasan kearsipan merupakan salah satu komponen dalam penilain reformasi birokrasi pada instansi pemerintah.

Halaman:

Penulis: Irfan Taufik
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: