Ganjar Milenial Center dan Pegiat Sosial Latih Masyarakat Mengubah Sampah jadi Berkah

Minggu, 01 Oktober 2023, 11:45 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Ganjar Milenial Center dan Pegiat Sosial Latih Masyarakat Mengubah Sampah jadi Berkah
Ganjar Milenial Center Sumatera Barat bersama pegiat sosial bank sampah di Kota Padang, memperlihatkan Bio Enzim yang berasal dari sampah rumah tangga, usai pelatihan yang digelar di Jalan Raya Ampang, Kuranji, Padang, Sabtu. (istimewa)

PADANG (30/9/2023) - Ganjar Milenial Center Sumatera Barat bersama pegiat sosial bank sampah di Kota Padang, gelar pelatihan pembuatan pupuk kompos Bio Enzim di Jalan Raya Ampang, Kuranji, Padang, Sabtu.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengurangi volume sampah rumah tangga yang akan dibuang petugas kebersihan ke tempat pembuangan akhir (TPA) di kawasan Lubuk Minturun.

Pegiat Sosial, Nora Fitriawati (44) menilai kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi sampah rumah tangga dan dapat digunakan untuk kebutuhan rumah.

"Ini sangat bermanfaat apalagi ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, seperti alat pembersih lantai dan pakaian, cuci piring, toilet dan kaca. Ini bisa dimanfaatkan sama semua kalangan," kata Nora.

Selain dimanfaatkan untuk rumah tangga, bio enzim ini pun dipercayai dapat menyuburkan tanaman dan tumbuhan, sehingga mendapatkan hasil panen lebih optimal.

"Sebagai pupuk organik, tentu ini bisa juga digunakan untuk tanaman maupun tumbuhan," lanjut Nora.

Selain konsumsi rumah tangga, manfaat lainnya bisa jadi peluang usaha, namun harus melalui beberapa prosedur dan tahapan untuk siap dipasarkan.

"Potensi usaha ada, cuma memang harus melalui beberapa proses terlebih dulu, baru bisa dipasarkan. Karena kan ini organik ya, jadi prosedurnya harus dijalankan lebih ketat. Yang penting, kita sosialisasi di tingkat rumah tangga terlebih dulu," urai Nora.

Nora ingin melalui kegiatan yang diadakan Ganjar Milenial Center ini, bisa meningkatkan semangat dan kepedulian masyarakat terhadap sampah itu sendiri. Sebab, apabila diolah, sampah bisa jadi berkah.

"Semangatnya adalah yuk kita peduli sama sampah kita masing-masing, walaupun kecil untuk mengurangi penumpukan sampah," ajak dia.

"Apabila dilakukan banyak masyarakat, ujungnya pasti akan mengurangi volus yang dikirim ke tempat pembuangannya," pungkas Nora. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: