Yenita Dikukuhkan jadi Ketua SOIna Kabupaten Agam

Sabtu, 23 September 2023, 07:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Yenita Dikukuhkan jadi Ketua SOIna Kabupaten Agam
Ketua SOIna Sumbar, Harneli melantik Yenita Andri Warman sebagai Ketua SOIna Agam di Mess Pemkab Agam Belakang Balok, Bukittinggi, Jumat. (humas)

BUKITTINGGI (22/9/2023) - Yenita Andri Warman dikukuhkan sebagai Ketua Special Olympics Indonesia (SOIna) Agam periode 2022-2026. Pengukuhan dilakukan Ketua SOIna Sumbar, Harneli di Mess Pemkab Agam Belakang Balok, Bukittinggi, Jumat.

Dalam amanatnya, Harneli mengatakan, SOIna memiliki tujuan mulia dan memiliki visi yaitu memberikan kesempatan bagi warga Tunagrahita untuk jadi orang yang berguna dan produktif serta dapat diterima dan dihargai sebagai bagian dari masyarakat melalui olahraga.

"Tujuan utama dibentuknya SOIna ini adalah untuk mengangkat harkat dan martabat para penyandang disabilitas intelektual (Tunagrahita), agar memperoleh pengakuan atas haknya sebagai warga," ujarnya.

VISI tersebut dilaksanakan melalui penegasan dalam MISI SOIna yaitu, menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga sepanjang tahun bagi warga Tunagrahita, diberikan kesempatan yang berkesinambungan untuk membentuk fisik yang sehat.

Baca juga: IBangga Sumbar Capai Angka 60,99 Persen, Masuk Kategori Sedang

Kemudian, menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan dan memperlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan sesama atlet Special Olympics lainnya dan masyarakat.

"Sepanjang tahun, warga Tunagrahita harus diberikan kesempatan untuk membentuk fisik yang sehat, menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan dan memperlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan sesama atlet Special Olympics," kata Harneli.

Diketahui, SOIna adalah suatu organisasi keolahragaan dan sosial nirlaba yang menangani pembinaan dan pelatihan olahraga khusus bagi penyandang disabilitas intelektual (Tunagrahita).

Sementara itu, Yenita mengharapkan, pelantikan pengurus SOIna Kabupaten Agam ini jadi momentum untuk perbaikan, penyempurnaan dan revitalisasi keolahragaan khususnya bagi anak-anak difabel.

Baca juga: Fiona Agyta Dikukuhkan jadi Ketua SOIna Bukittinggi

"Dengan pembinaan dan pelatihan olahraga diharapkan anak-anak difabel yang ada di Kabupaten Agam ini bisa menorehkan prestasi di ajang daerah maupun nasional di masa yang akan datang," harapnya.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: