Mahyeldi Gelar Jamuan Makan Malam untuk Gubernur Riau Jelang Penobatan Gelar Adat oleh Suku Chaniago Pesisir Selatan

Minggu, 17 September 2023, 20:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Mahyeldi Gelar Jamuan Makan Malam untuk Gubernur Riau Jelang Penobatan Gelar Adat oleh...
Gubernur Riau, Syamsuar disaksikan Mahyeldi (gubernur Sumbar) disambut dengan siriah dalam carano, saat jamuan makan malam oleh Pemprov Sumbar, di auditorium gubernuran, Sabtu malam. (humas)

PADANG (16/9/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyebutkan, memuliakan tamu, bukan hanya bagian dari tradisi masyarakat Minangkabau, tapi juga merupakan sunnah rasul.

"Tamu yang datang ini istimewa, di samping berstatus sebagai sahabat, Insya Allah, beliau besok juga akan menerima amanah dari kaum Suku Chaniago Kabupaten Pesisir Selatan," ungkap Mahyeldi saat jamuan makan malam bersama Gubernur Riau, Syamsuar beserta rombongan di auditorium gubernuran, Sabtu malam.

Menurut Mahyeldi, jamuan makan malam itu adalah wujud penghormatan dirinya terhadap tamu yang datang ke Sumbar.

Diketahui, berdasarkan kesepakatan kaum, pada Ahad (17/9/2023), Syamsuar dan istri, Hj Misnarni akan dianugerahi gelar kehormatan Adat Sangsako oleh Suku Caniago Datuk Nan Sati di Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.

Baca juga: PILKADA 2024, Afriki Musmaidi: Bawaslu Itu Pejuang Demokrasi, Jangan Segan dalam Bertindak

Dimana, gelar adat yang akan disematkan nantinya pada Syamsuar adalah Dt Rajo Nan Sati Alam Batuah. Sedangkan istrinya, Hj Misnarni diberi gelar Puti Intan Batuah.

Atas rencana penobatan gelar adat tersebut, Mahyeldi mengucapkan selamat pada kedua calon. Dia berharap, seluruh rangkaian perhelatan acara nantinya dapat berjalan aman dan lancar.

"Selamat kepada Pak Syamsuar dan ibu Hj Misnarni atas amanah gelar adat yang akan diterima. Semoga seluruh rangkaian kegiatan berjalan sesuai rencana," kata Mahyeldi.

Selanjutnya, Mahyeldi menyatakan, dengan adanya momentum ini, tentu akan ada tanggung jawab moral yang mesti dipikul Syamsuar terhadap anak kemenakannya di Kabupaten Pesisir Selatan.

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

"Kita berharap, semoga itu akan menjadi kebaikan bagi kedua belah pihak," harap dia.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis adpmsb

Bagikan: