Tempo Nobatkan Forum UMKM Lubuk Basung jadi 20 Besar Entrepreneur Terbaik

Kamis, 31 Agustus 2023, 06:00 WIB | Gaya Hidup | Kab. Agam
Tempo Nobatkan Forum UMKM Lubuk Basung jadi 20 Besar Entrepreneur Terbaik
Bupati Agam, Andri Warman bersama Muhammad Musafik dari UMKM Bank Sampah Padat Karya, usai dinobatkan sebagai 20 terbaik ajang IEC'23 yang diselenggarakan PT Tempo Inti Media, Rabu. (humas)

JAKARTA (31/8/2023) - Lima pelaku UMKM binaan Pemkab Agam, berhasil meraih peringkat 100 besar pada ajang Indonesia Entrepreneurs Challenge (IEC'23) yang diselenggarakan PT Tempo Inti Media.

Kelima UMKM tersebut yakni Forum UMKM Lubuk Basung, Bank Sampah Padat Karya, Keripik Renyah Bunda Zico, Aqila Cake dan Kue Sapik Crispy.

"Dari 58.444 UMKM yang mendaftar jadi peserta IEC'23, Dewan Juri menyaringnya jadi 100 finalis. Salah satu di antaranya, Forum UMKM Lubuk Basung dinobatkan pada kategori 20 terbaik," ungkap Direktur Utama PT Tempo Inti Media, Arif Zulkifli dalam sambutannya pada awarding yang dilaksanakan di Jakarta, Rabu.

Dikatakan Arif, ajang IEC'23 ini merupakan hasil kolaborasi Tempo dengan Kementrian Perdagangan, Kementrian Koperasi dan UMKM, Kementrian Pariwisata serta Pemerintah Daerah.

Baca juga: Bupati Agam Terima Penghargaan dari Tempo Kategori Aksesibilitas Pendidikan dan Peningkatan SDM

IEC'23 ini merupakan rangkaian kegiatan untuk mendorong semangat kewirausahaan dan inovasi di kalangan pelaku UMKM dan UKM di Indonesia. Kegiatan dimulai dari penjaringan peserta, seleksi, hingga malam penghargaan.

Pada malam awarding, Muhammad Musafik dari UMKM Bank Sampah Padat Karya dari Kabupaten Agam, dinobatkan sebagai salah satu dari 20 besar enterprenuer terbaik dengan kategori pengelolaan lingkungan hidup.

Bank Sampah Padat Karya merupakan UMKM peduli lingkungan dengan mengolah sampah plastik jadi bahan bakar minyak.

Bupati Agam, Andri Warman yang hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasi pada Bank Sampah Padat Karya, karena berperan aktif dalam peningkatan ekonomi serta peduli terhadap lingkungan.

Kolaborasi untuk Maju

Dikesempatan itu, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menyebutkan, kolaborasi merupakan kata kunci agar UMKM berkembang dan mencapai negara maju.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: