Rieka Diah Pitaloka Serahkan Hasil Risetnya tentang Data Desa Presisi ke Pemkab Agam, Ini Linknya

Sabtu, 19 Agustus 2023, 08:30 WIB | News | Kab. Agam
Rieka Diah Pitaloka Serahkan Hasil Risetnya tentang Data Desa Presisi ke Pemkab Agam, Ini...
Dekan FEMA IPB, Dr Sofyan Sjaf didampingi Pendiri Pitaloka Foundation, Rieke Diah Pitaloka serahkan hasil riset tentang Data Desa Presisi Nagari Panampuang pada Bupati Agam, Andri Warman di Nagari Panampuang, Jumat. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Sofyan mengatakan, lewat Data Desa Presisi terungkap sejumlah hal penting seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Dia mengatakan, Panampuang memiliki IPM 71,40 yang tergolong Baik bagi desa atau nagari.

"Meski demikian ada beberapa poin yang mesti diperbaiki, seperti sektor pendidikan maupun kesehatan dan kemiskinan," ungkap Sofyan.

Akurat dan Berbasis Digital

Bupati Agam, Andri Warman mengungkapkan rasa terimakasihnya pada Pitaloka Foundation, FEMA IPB, Dirjen OTDA Kemendagri, Kemenkumham RI, BRIN, Pemerintahan Nagari dan masyarakat, sehingga Nagari Panampuang terpilih jadi lokasi riset pertama di Sumatera Barat hingga terealisasinya Nagari Panampuang dengan data presisi.

"Di Kabupaten Agam, nagari merupakan basis keberhasilan pembangunan daerah, sehingga kualitas data yang dimiliki suatu nagari sangat menentukan keberhasilan," terangnya.

"Dengan kehadiran program Data Nagari Presisi ini, bisa jadi kunci dan solusi inovatif pembangunan dengan data yang memiliki tingkat akurasi tinggi, teruji dan berbasis digital," jelasnya.

Hasil riset data yang sudah didigitalisasi dapat diakses melalui link https://webgis.desapresisi.id/monografi.

Sementara, Wali Nagari Panampuang, Etriwarmon mengatakan, dengan adanya penyerahan Data Desa Presisi ini, daerah yang dipimpinnya ini memiliki data akurat demi kepentingan pembangunan masyarakat.

"Data ini tersedia setelah dilakukan survei selama 1 bulan 12 hari," katanya.

Proses pendataannya, kata dia, meliputi seluruh rumah yang ada di Nagari Panampuang. Jumlah jiwa yang didata mencapai 6.160 orang.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024