Warga Pantai Air Manis Ikuti Simulasi Gempa dan Tsunami

Rabu, 02 Desember 2015, 21:18 WIB | News | Kota Padang
Warga Pantai Air Manis Ikuti Simulasi Gempa dan Tsunami
Warga dan anak sekolah, berlarian menuju perbukitan, yang dijadikan lokasi evakuasi jika terjadi gempa dan tsunami di Kelurahan Air Manis, kecamatan Padang Selatan, Rabu (2/12/2015), saat simulasi yang digelar BPBD-PK Padang. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - BPBD dan Damkar Kota Padang, Rabu (2/12/2015) pagi, menyimulasikan penanganan pascabencana gempa berkekuatan 8,8 skala richter yang disertai munculnya tsunami di Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan. Simulasi ini diikuti ratusan warga disertai anak-anak sekolah.

Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Walikota Padang, Zabendri mengatakan, pesan yang ingin disampaikan dalam simulasi ini yaitu, bagaimana upaya Pemko Padang dalam menyikapi bencana gempa dan tsunami bagi masyarakat yang berada dekat dengan pantai.

"Kita berharap, dengan terus dilakukannya simulasi, semua masyarakat akan bisa terselamatkan dengan sebaik-baiknya, sewaktu gempa dan tsunami terjadi yang tidak bisa kita ketahui kapan terjadinya," sebut Zabendri, sewaktu memimpin apel siaga simulasi tsunami di Pantai Air Manis. (Baca: Kurangi Resiko Bencana, Dedi: Simulasi harus Diperbanyak)

Dikatakan Zabendri, pada simulasi ini, ia mengapresiasi terhadap kegiatan yang mencontohkan telah terjadinya gempa dan tsunami. Sehingga menyebabkan, kondisi bangunan penduduk menjadi porak-poranda serta menimbulkan puluhan korban jiwa dan luka-luka.

Baca juga: Iqbal-Amasrul, Hendri-Hidayat dan Fadli-Maigus Sah jadi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Pilkada Serentak 2024

"Oleh karena itu, dalam hal ini pemerintah bekerja sama dengan pihak kepolisian, TNI, NGO dan tim siaga bencana yang ada, untuk melakukan tugas sesuai bidang dan fungsi masing-masing. Sehingga diharapkan, kita semua mampu melakukan kebijakan-kebijakan sewaktu bencana terjadi dengan benar," tuturnya. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: