Demo Masyarakat Air Bangis Berujung Penangkapan 17 Aktivis, Ombudsman: Mahyeldi Tak Bijak

Minggu, 06 Agustus 2023, 14:22 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Demo Masyarakat Air Bangis Berujung Penangkapan 17 Aktivis, Ombudsman: Mahyeldi Tak Bijak
Kantor Ombudsman Sumbar di Jl Sawahan, Padang.

PADANG (6/8/2023) - Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat, Yefri Heriani Menyayangkan sikap Gubernur Sumbar, Mahyeldi, yang terlihat enggan menemui rakyatnya yang datang jauh-jauh dari Ais Bangis, guna menyampaikan aspirasi.

"Sebagai pelayan masyarakat dengan pengamanan yang memadai, seharunya gubernur menemui masyarakatnya itu," tegas Yefri dalam pernyataan tertulis yang diterima, Ahad.

Terlepas apakah gubernur akan mengabulkan aspirasi masyarakat, terang dia, namun sebagai kepala daerah, sudah seharusnya dia memperlihatkan sikap yang bijak dengan melayani dan menemui langsung masyarakatnya.

Gubernur hanya tampak sekali secara tak terduga datang ke Masjid Raya Sumbar untuk sholat subuh.

Baca juga: Masjid Raya Annur dan Halaman Kantor Gubernur Riau jadi Lokasi Shalat Ied 2024, Ini Imam dan Khatibnya

Di momen itu justru memperlihat sikap yang terkesan emosional, saat ditemui masyarakat saat keluar dari masjid di pagi hari.

"Sikap semacam ini, kami duga telah memancing masyarakat yang membuat mereka terus bertahan," ungkap dia.

"Karena secara langsung tak dapat bertemu dengan gubernur. Gubernur justru terlihat tak membesarkan hati rakyat dengan membujuknya untuk pulang ke Air Bangis," tambahnya.

Pernyataan ini dikatakan Yefri, menanggapi aksi demo warga Air Bangis yang menolak proyek strategis nasional (PSN) di kantor gubernur Sumatera Barat selang 6 hari terakhir.

Baca juga: Gubernur Wacanakan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi jadi Nama Masjid Raya Sumbar, Ini Kata Ketua LKAAM

Demo ini berujung pada pemulangan paksa masyarakat serta ditahannya 17 orang oleh kepolisian yang terdiri dari tokoh masyarakat, advokat/pendamping masyarakat dan wartawan.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: