Jembatan Kurao menuju Dadok Dibangun 2016

Selasa, 01 Desember 2015, 19:11 WIB | News | Kota Padang
Jembatan Kurao menuju Dadok Dibangun 2016
Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang, Hendry Piton, bersama jajaran Pemko Padang lainnya, Selasa (1/12/2015) meninjau jembatan darurat yang menghubungkan Kurao dengan Dadok yang kondisinya sudah mengkhawatirkan. (humas)

VALORAnews - Jembatan yang ada di Kota Padang, mulai diperbaiki Pemko Padang pada tahun anggaran 2016. Diharapkan, perbaikan jembatan itu akan membuat akses warga ke daerah lain, lebih mudah.

Salah satu jembatan yang akan dikerjakan itu yakni jembatan yang menghubungkan Kelurahan Kurao Pagang dengan Kelurahan Dadok Tunggul Hitam. Lokasi jembatan di Kurao tersebut berada tak jauh dari SMPN 29 Padang.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang, Hendry Piton, mengunjungi jembatan tersebut, Selasa (1/12/2015). Peninjauan ini dilakukan setelah mendapat laporan dari warga ke pemko, bahwa jembatan tersebut sudah rusak dan tidak layak untuk dilewati.

Setelah dilakukan peninjauan, jembatan tersebut bukanlah jembatan utama, akan tetapi jalan alternatif. Namun, Pemko Padang akan terus melakukan perbaikan pada jembatan tersebut, sebagai akses warga untuk beraktifitas ke rumah ibadah maupun ke sekolah.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

Dikatakan Hendry, pembangunan jembatan sudah masuk dalam perencanaan. Untuk sementara, pihaknya dalam waktu dekat akan memperbaiki jembatan tersebut. "Sementara waktu, kita akan bangun dulu jembatan darurat. Akan dipasang leger (besi), sehingga warga dan anak sekolah bisa lewat," katanya.

Disebutkan, pengerjaan jembatan darurat itu akan dilakukan Rabu (2/11/2015). Pengerjaan tersebut dikerjakan lewat dana operasional. "Biaya untuk pembangunan jembatan darurat ini sekitar Rp20 juta," sebut Hendry.

Sedangkan untuk pengerjaan jembatan dalam waktu jangka panjang, Dinas Pekerjaan Umum telah menganggarkan dana untuk jembatan ini. Fisik jembatan tersebut akan terbuat dari beton dan dikerjakan pada 2016 nanti. "Panjang jembatan sekitar 20 meter dengan lebar 7 meter," kata Hendry.

Biaya pembangunan jembatan Kurao ini, akan memakan biaya miliaran rupiah. Pembangunan jembatan Kurao -- Dadok ini, akan ditender pada Januari tahun depan. Diperkirakan, pembangunan jembatan ini bisa mulai dilakukan per Februari 2016.

Baca juga: Mendagri Tunjuk Andree Harmadi Algamar jadi Pj Wali Kota Padang, Ini Empat Larangan yang Tak Boleh Dilanggar

"Biaya pembangunan jembatan ini sudah ada di APBD 2016 dengan pagu dana Rp4,5 Miliar. Diestimasi pengerjaan jembatan ini memakan waktu empat bulan," kata Hendry.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: