Puskesmas Andalas Ikuti Survey Reakreditasi 2023, Target jadi Puskesmas Paripurna

Selasa, 01 Agustus 2023, 18:40 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Puskesmas Andalas Ikuti Survey Reakreditasi 2023, Target jadi Puskesmas Paripurna
Survei reakreditasi Puskemas Andalas dilaksanakan secara daring, Selasa. Selanjutnya, pada tanggal 3 dan 4 Agustus dilakukan secara luring. (veri rikiyanto)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (1/8/2023) - Puskesmas Andalas jadi fasilitas kesehatan tingkat pertama di Kota Padang yang menjalani survei reakreditasi untuk tahun 2023.

Kepala Puskesmas Andalas, dr Weni Fitria Nazulis menjelaskan, sebelumnya pada tahun 2017 Puskesmas Andalas sudah menjalani survey re-akreditasi dan memperoleh predikat utama.

Seharusnya, kata Weni, sesuai regulasi survei reakreditasi dilakukan setiap tiga tahun. Namun, karena pandemi Covid19 tahun 2020, maka survei reakreditasi ditiadakan.

Diganti dengan membuat surat pernyataan untuk selalu menjaga dan meningkatkan mutu layanan dan standar keselamatan pasien.

Menurut Weni, reakreditasi ini penting, sesuai Permenkes No 34 Tahun 2022. Untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam hal ini Puskesmas yang sudah habis masa berlaku akreditasinya, wajib melakukan reakreditasi.

"Jika tidak melakukan reakreditasi, menunjukan Puskesmas belum melakukan pelayanan sesuai dengan mutu dan standar keselamatan pasien, sehingga tidak bisa melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan," kata Weni.

Survei ini, lanjut Weni, dilakukan dua tahap yakni secara daring dan kemudian nanti tanggal 3 dan 4 Agustus dilakukan secara luring.

Sebelum melakukan proses daring, imbuh Weni, Puskesmas harus mengisi proses untuk pengajuan reakrediatasi melalui aplikasi Fasyankes milik Kemenkes.

"Ketika sudah disetujui harus mengunggah dokumen yang sudah dibuat sesuai dengan instrumen survei yang sudah ditetapkan Kemenkes," ungkapnya.

Setelah itu, surveyor akan melakukan cross check data terhadap dokumen yang sudah diunggah dan memberi saran serta masukan untuk penyempurnaan dokumen yang telah dibuat.

Survei akreditasi terdiri dari kepemimpinan management puskesmas, usaha kesehatan masyarakat (terkait pelayanan di luar gedung), usaha kesehatan perorangan (terkait pelayanan dalam gedung), pelaksanaan Program Prioritas Nasional serta program mutu Puskesmas.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: