Bupati Agam Dampingi Gubenur Sumbar Sambangi BNPB, Ini Tujuannya

Jumat, 28 Juli 2023, 20:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Bupati Agam Dampingi Gubenur Sumbar Sambangi BNPB, Ini Tujuannya
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Bupati Agam, Andri Warman dan sejumlah kepala daerah di Sumbar, foto bersama dengan Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto beserta Sestama dan sejumlah Deputi, usai dialog, Kamis. (humas)

JAKARTA (27/7/2023) - Kepala Pelaksana BPBD Agam, Bambang Warsito menyebutkan, kehadiran Bupati Agam, Andri Warman ke Graha BNPB di Jakarta, sekaitan mohon dukungan dan arahan Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto dalam penanganan dampak bencana.

"Bupati Agam dan sejumlah kepala daerah yang wilayahnya berisiko tinggi bencana alam seperti Kota Padang, Pesisir Selatan dan Padang Pariaman mendampingi Gubernur Sumbar ke BNPB," ungkap Bambang Warsita, Jumat.

Pada pertemuan itu, ungkap Bambang, Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyampaikan bencana yang terjadi di wilayahnya, telah berdampak signifikan pada berbagai sektor, termasuk infrastruktur umum dan pertanian.

Dampak tersebut, juga telah jadi ancaman terhadap pemenuhan kebutuhan pangan. Mahyeldi juga menyebut, Sumatera Barat berperan dalam menyuplai kebutuhan pokok wilayah lain.

Baca juga: Ribuan Warga Balingka Meriahkan Hiburan KIM, Isra: Terima Kasih Pak Karni Ilyas

Menanggapi permohonan dan paparan dari gubernur itu, sebut Bambang, Kepala BNPB memberikan arahan agar kebutuhan yang memerlukan tindakan segera dan mendesak dapat menggunakan Dana Siap Pakai (DSP).

Namun, hal tersebut harus mematuhi ketentuan yang berlaku. Untuk kebutuhan jangka menengah hingga panjang, Kepala BNPB menyatakan bahwa seluruh kebutuhan dalam pemulihan dan seterusnya dapat menggunakan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (RR).

"Kepala BNPB menekankan agar persyaratan untuk merealisasikan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi dapat dipenuhi dengan cepat, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang terkatung-katung akibat bencana," ucapnya.

Lebih lanjut, BNPB tidak menutup kemungkinan bekerja sama dengan lintas kementerian atau lembaga untuk memberikan solusi terbaik dalam penanganan bencana, baik secara jangka pendek maupun jangka panjang di wilayah Sumatera Barat.

Baca juga: Bupati Agam Gelar Open House Kedua di Mess Belakang Balok

Kunjungan ini melibatkan beberapa pejabat tinggi dari BNPB, antara lain Plt Sekretaris Utama BNPB, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Kapusdatinkom BNPB, Kepala Biro Keuangan BNPB, Kepala Biro Perencanaan BNPB, dan Kapusdalops BNPB. (*)

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: